Rekonstruksi Kematian WN Taiwan, Rencana Pembunuhan Dilakukan di Rumah Makan

    


Ditreskrimum Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana terhadap bos toko roti asal Taiwan, Hsu Ming Hu (52), Kamis, 13 Agustus 2020 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Ditreskrimum Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana terhadap bos toko roti asal Taiwan, Hsu Ming Hu (52). Rekonstruksi tersebut digelar di halaman Polda Metro Jaya dan kediaman Hsu Ming Hu di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Kamis, 13 Agustus 2020.

Dari hasil rekonstruksi diketahui, tersangka SS sempat menjanjikan kepada salah satu tersangka yang masih buron untuk mencelakai korban lainnya.

“Memberikan tugas lain. Tugas lain dalam tanda kutip, diartikan untuk melukai orang lain. Cuma siapa sasaran selanjutnya akan kita dalami,” ungkap Kanit V Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Rulian Syauri, Kamis (13/08/2020)

Rulian mengatakan, setidaknya ada empat adegan yang diperagakan dalam rekonstruksi terkait perencanaan pembunuhan yang dilakukan oleh para tersangka.

Adegan pertama dan kedua, terkait perencanaan pembunuhan yang dilakukan oleh para tersangka di sebuah rumah makan di Cikarang.

Kemudian, adegan ketiga tentang perencanaan pembunuhan yang digelar di salah satu kantor tersangka. Selanjutnya yang keempat, terkait perencanaan pembunuhan yang dilakukan di sebuah pool truk.

“Rekonstruksi dilaksanakan sebanyak empat adegan, dimana empat adegan ini fokus ke perencanaan para pelaku,” pungkasnya

Sebelumnya, Subdit 3 Resmob Polda Metro Jaya berhasil mengungkap motif kasus pembunuhan berencana, setelah menerima laporan dari Daniel Kus Hendarso S.Hum, dari Kedutaan Republik Of China. Ia meminta bantuan mencari orang ke Polda Metro Jaya atas nama korban Hsu Ming-Hu.

Ciri-cirinya, laki-laki berusia 52 tahun berkulit kuning tinggi tubuh 165 cm. Laporan dilakukan pada 27 Juli 2020 lalu.

Pria tersebut dikabarkan hilang oleh pelapor pada hari Jumat, tanggal 24 Juli 2020. Dalam penyelidikanya, polisi menemukan sesosok mayat di sungai Citarum, yang kemudian diketahui orang yang dilaporkan hilang.

Dalam kasus itu, polisi berhasil mengamankan barang bukti berupa mobil berbagai merek 5 unit, CCTV dan kartu ATM BCA. (Bob)