Terapkan Prokes Ketat, 375 Siswa SMAN 1 Purworejo Jalani Wisuda Purnasiswa

    


Kepala SMAN 1 Purworejo Nur Aziz, saat mengalungkan samir pada perwakilan peserta wisuda, Selasa (10/05/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Sebanyak 375 siswa SMAN 1 Purworejo dari kelas XII menjalani Wisuda Purnasiswa, Selasa (10/05/2022), di aula setempat, dengan menerapkan prokes ketat.

Dihadiri ketua paguyuban Muda Ganesha (MG) Dwi Wahyu Atmaji, pengurus dan ketua komite Pram Prasetyo Ahmad, perwakilan orangtua, serta segenap tamu undangan lainnya, wisuda ditandai dengan pengalungan samir oleh Kepala Sekolah Nur Aziz yang didampingi 4 Waka, kepada perwakilan siswa dari masing-masing kelas.

Dalam kesempatan tersebut, Nur Azis menyampaikan, jumlah siswa SMAN 1 Purworejo yang diterima di perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN meningkat tajam tahun ini.

“Setiap kali menandatangani ijazah siswa, saya selalu mengawali dengan Bismillah sebagai bentuk doa agar siswa dapat berhasil seperti yang dicita-citakan,” kata Nur Aziz.

Disebutkan pula, bahwa SMANSA (SMAN 1 Purworejo), meraih peringkat 1 di Cabdin Pendidikan Wilayah 8 Jateng, untuk jumlah siswa yang diterima SNMPTN.

“Mudah-mudahan capaian UTBK sangat baik dan meningkat dari waktu sebelumnya. Tahun 2021 kita berada di peringkat 55 nasional dari ribuan SMA se-Indonesia,” harap Nur Aziz.

Fikri Lutfi, salah satu perwakilan siswa yang menjalani wisuda dan juga Ketua OSIS periode 2020-2021, menyampaikan kesan-kesannya selama menjadi siswa di SMAN 1 Purworejo.

Ia mengingat kembali kegiatan Jum’at sehat, dimana jam 06.00 pagi, sudah ada di sekolah. Berkat itu, dia dapat mengatur waktu kapan dan dimana harus bergerak.

Dia juga mengenang momen kebersamaan bersama teman-teman sekolah saat di kantin, serta saat ada razia rambut.

“Saya bangga menjadi alumni SMAN 1 Purworejo,” ujar Fikri.

Ketua komite Pram Prasetya Ahmad menjelaskan, acara wisuda purnasiswa dilakukan oleh paguyuban orang tua melalui komite dengan tetap menerapkan prokes.

Dalam acara wisuda tersebut, ada pemberian penghargaan bagi siswa berprestasi dari masing-masing jurusan, serta menobatkan Rima Arviysa Natania Putri kelas XII MIPA 8 sebagai Student of The Year, dengan segudang prestasi dan kegiatan. Diantaranya Juara 1 Sayembara Penulisan Cerpen Sains Peringkat Antar Bangsa serta menjadi ketua umum Duta Literasi tahun 2020/2021.

Usai wisuda, ada penyerahan siswa dari sekolah kepada perwakilan orang tua siswa, serta pengukuhan MG (Muda Ganesha) 2022 oleh Ketua Paguyuban MG Dwi Wahyu Atmaji. Pada para peserta wisuda, Dwi Wahyu Atmaji menandaskan, bahwa menjadi alumni SMANSA harus bangga, karena sekolah ini didirikan oleh pejuang.

Dia berpesan agar semua punya seribu alasan untuk berhasil agar jangan berbangga diri. Bagi semua yang punya seribu satu alasan untuk gagal, agar jangan berkecil hati karena akan ada jalan untuk berhasil.

“Orangtua agar mendorong kegiatan siswa supaya melek teknologi informasi dan menguasai bahasa asing,” kata Dwi Wahyu Atmaji.

Dia juga mengingatkan, bahwa apapun yang terjadi di dunia ini semuanya atas kehendak Allah. Dan doa yg paling mustajab adalah doa dari orang tua. Untuk para alumni supaya dapat berprestasi, rendah hati dan berjiwa mulia. (Jon)