BSD di Kecamatan Bayan, Bupati Purworejo Kunjungi 6 Desa

    


Saat berkunjung ke Desa Jono, Kecamatan Bayan dalam kegiatan Bupati Saba Desa, Kamis (19/01/2023), Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM disambut tari kreasi Kecak Bali yang dipadukan dengan Tari Piring dari Sumatra Barat - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dalam kunjungannya yang dikemas dalam kegiatan Bupati Saba Desa (BSD), Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM kembali mengunjungi desa-desa yang ada di Kecamatan Bayan.

Kali ini, ada 6 desa yang dikunjungi pada Kamis (13/01/2023), didampingi OPD terkait dan Forkopimcam Bayan. Adapun desa-desa yang dikunjungi oleh Bupati Agus Bastian dan rombongan yaitu Desa Pogungrejo, Desa Banjarrejo, Desa Pogungkalangan, Desa Pogungjurutengah, Desa Ketiwijayan dan Desa Jono.

Pada setiap desa yang dikunjungi, Bupati Purworejo mengucapkan terimakasih atas antusiasme warga masyarakat yang menantikan kegiatan BSD.

“Saya bahagia sekali bertemu dengan bapak ibu. Kami ingin menginformasikan kepada semua warga, mengenai pembangunan Kabupaten Purworejo dan program-programnya yang Alhamdulillah berjalan lancar,” ujar Bupati.

Bupati juga menginformasikan bahwa pada perayaan Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke 192, pemerintah mengadakan rentetan acara spektakuler dan itu bekerja sama dengan tv nasional.

“Bapak ibu semua dapat menyaksikan secara langsung ataupun lewat televisi, ” katanya.

Disela-sela padatnya kegiatan BSD, tepatnya di desa Pogungkalangan Bupati Purworejo memotong pita peresmian toko pertanian. Dengan adanya toko pertanian ini harapannya akan mempermudah para petani dalam mendapatkan keperluan bertani.

Dalam kegiatan BSD selalu ada sesi gendu-gendu roso salah satunya di Desa Banjarrejo. Pertanyaan antara lain berasal dari Ketua BPD Sulistyo tentang bantuan propendakin untuk dilanjutkan.

“Kami meminta kepada bapak mengenai program bantuan propendakin untuk dilanjutkan. Dan mengenai pupuk bersubsidi terus terang kami kesulitan untuk mendapatkannya dengan berbagai peraturan yang ada. Misal seperti masalah kuota pupuk bersubsidi,” ungkapnya.

Pertanyaan atau permintaan ini langsung dijawab langsung oleh Staf Ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM Rita Purnama SSTP MM .

“Propendakin merupakan salah satu program untuk pengentasan kemiskinan di wilayah Kabupaten Purworejo. Dan waktu itu berakhir di tahun 2019 karena setelah itu kita semua mengalami pandemi covid-19. Kedepan insyaallah Pak Bupati masih komitmen untuk mengentaskan kemiskinan, hanya memang disesuaikan dengan anggaran daerah. Sedangkan untuk pupuk bersubsidi itu merupakan program dari pemerintah pusat, yang sedang digalakkan untuk beralih ke pupuk organik, ” jelasnya.

BSD putaran terakhir di Kecamatan Bayan berlangsung sangat meriah, di Desa Jono disambut tari kreasi yaitu tari Kecak Bali dipadukan tari piring dari Sumatra Barat begitu juga di desa-desa lainnya. Mulai dari welcome dance dolalak. Anak-anak SD yang berbaris di jalan.

BSD juga dipenuhi dengan berbagai penyerahan langsung oleh Bupati, salah satunya dokumen administrasi kependudukan, dan penyerahan bantuan untuk penerima manfaat. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS