BI Bali Salurkan PSBI untuk 12 Kelompok UMKM di 5 Kabupaten

    


Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kembali disalurkan untuk 12 kelompok UMKM yang tersebar di seluruh Bali. Penerima PSBI berasal dari wilayah yakni, Badung, Denpasar, Buleleng, Jembrana, dan Tabanan.

12 kelompok UMKM itu menjadi usaha pendukung pencapaian inflasi volatile food yang rendah yaitu, padi, bawang merah, bawang putih, kakao, ayam pedaging, sapi, lele, dan udang vaname. Sementara 2 UMKM lainnya mendukung ekspor, yaitu kain pewarna alam dan tanaman hias.

“Pembinaan UMKM oleh Bank Indonesia bertujuan agar UMKM dapat naik kelas dari UMKM potensial menjadi UMKM go digital dan go export,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Selasa, 7 Desember 2021.

Trisno berharap, UMKM terus bekerja keras, sungguh-sungguh, dan berkomitmen untuk menjalankan pembinaan dari Bank Indonesia. Para pengusaha kecil menengah lanjutnya, juga harus bersedia berbagi ilmu yang dimiliki kepada masyarakat.

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya menambahkan, para pelaku UMKM menjaga kualitasnya sebagai UMKM Binaan Bank Indonesia. Pembinaan dilakukan berkelanjutan untuk membentuk UMKM mandiri.

“UMKM harus mulai menerapkan sistem pembayaran digital melalui metode QRIS yang sesuai dengan kondisi di masa pandemi dan masa depan,” kata Rai Wirajaya.

Sementara, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Doni P. Joewono menjelaskan, PSBI merupakan bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat.

PSBI terdiri dari 3 program yakni PSBI Peningkatan Kapasitas Ekonomi (PKE) & UMKM berupa pemberian sarana dan prasarana produksi kepada UMKM, PSBI Kepedulian Sosial seperti bantuan sembako kepada masyarakat dan PSBI Pengembangan Kapasitas SDM Unggul berupa pemberian beasiswa.

“UMKM harus naik kelas setiap tahunnya dengan selalu menciptakan nilai tambah sehingga unggul dibanding UMKM-UMKM yang baru muncul,” kata Doni.

Pemberian bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) di Pura Taman Ayun pada hari Minggu (5/12/2021). (Way/*)