Siswa SMK Kesehatan Purworejo Ikuti Diklat Cara Penulisan Artikel

    


Siswa kelas X dan XI SMK Kesehatan Purworejo, saat mengikuti Diklat atau pelatihan cara penulisan artikel, Senin (06/09/2021) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Siswa kelas X dan XI SMK Kesehatan Purworejo, mengikuti Diklat atau pelatihan cara penulisan artikel. Kegiatan ini dilaksanakan seminggu dua kali, dengan nara sumber Abdul Haris Wiradi, SSos, guru pengampu ekstrakurikuler multimedia dan guru PPKn setempat.

Kegiatan ini diawali dengan perkenalan bagaimana Microsoft Word, penggunaannya, serta fitur-fitur di dalamnya seperti apa.

“Tujuannya, untuk meningkatkan siswa-siswi dalam pembuatan artikel atau makalah, ataupun penelitian yang lainnya,” ungkap Abdul Haris Wiradi, Senin (06/09/2021).

Setelah pengenalan, kata Haris, kemudian baru diberi tugas atau arahan untuk bagaimana nantinya mereka bisa membuat makalah dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar serta sistematis.

“Jadi menyesuaikan dengan kaidah-kaidah makalah yang baik dan benar,” jelas Haris.

Tujuannya, lanjut Haris, agar nanti persiapan mereka ketika kuliah tidak kaget atau tidak gugup dengan bagaimana cara membuat makalah. Karena rata-rata, tugas kuliah itu membuat makalah.

Selain pelatihan membuat makalah ini, menurut Haris, ketika sudah bisa atau dirasa mampu, akan dilanjutkan dengan pembuatan Curriculum Vitae (CV).

“Biar mereka yang langsung kerja paham membuat CV yang baik dan benar, seperti apa contoh surat lamaran. Untuk meningkatkan kwalitas mereka serta mempersiapkan diri mereka bagi yang ingin melanjutkan kuliah atau siap kerja,” ujar Haris.

Kepala SMK Kesehatan Purworejo, Nuryadin, SSos, MPd, sangat mendukung sekali dengan adanya program Diklat cara penulisan artikel tersebut.

“Semoga Diklat ini bisa bermanfaat untuk anak-anak nanti, setelah lulus, apakah dia mau kerja atau kuliah,” kata Nuryadin.

Karena memang, lanjut Nuryadin, pengetahuan dasar tentang bagaimana menulis menggunakan teknologi komputer, bagaimana strategi melamar pekerjaan itu sangat penting di era global.

“Diklat ini ada korelasinya, sangat tepat, untuk mewujudkan motto sekolah, bahwa profil lulusan SMK Kesehatan Purworejo siap kerja siap kuliah, siap kerja sambil kuliah,” pungkas Nuryadin. <>(Jon)