Selama Dua Pekan Kedepan, Polres Purworejo Gelar Operasi Keselamatan Candi

    


Kapolres Purworejo, AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, saat menyematkan pita tanda operasi pada gelar pasukan Operasi Keselamatan Candi 2019, Senin (29/4/2019) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama empat belas hari kedepan, dari tanggal 29 April 2019 hingga 12 Mei 2019, jajaran Kepolisian Resort Purworejo akan melaksanakan Operasi Keselamatan Candi 2019. Operasi ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Apel gelar pasukan Operasi Keselamatan Candi 2019 dipimpin oleh Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, Senin (29/4), di halaman Mapolres Purworejo.

Apel diikuti personil Polres Purworejo, Kodim 0708, dan Dinas Perhubungan. Penyematan tanda pita operasi kepada perwakilan anggota, menandai dimulainya operasi ini.

“Apel gelar pasukan dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personel maupun sarana pendukungnya, sehingga kegiatan operasi dapat berjalan lancar, optimal, dan berhasil sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan,” kata Indra Kurniawan, membacakan amanat Kepala Korps Lalu Lintas Irjen Drs Refdi Andri, M.Si.

Sasaran dari operasi ini, jelas Indra Kurniawan, beberapa pelanggaran yang berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas yakni melawan arah lalu lintas, tidak menggunakan helm SNI, menggunakan telepon selular saat mengemudi, tidak mengenakan sabuk keselamatan, berboncengan lebih dari satu orang, dan mengendarai kendaraan belum cukup umur.

“58 personil kita libatkan dalam operasi ini. Nantinya tidak akan stationer, namun hunting dalam melaksanakan tugas tersebut,” kata Kapolres.

Terpisah, Kasatlantas Polres Purworejo, AKP Nyi Ayu Fitria Facha menambahkan, pada tahun 2017, selama pelaksanaan operasi tersebut terjadi 21 lakalantas, dengan korban meninggal dunia berjumlah 5 orang. Pada tahun 2018, jumlah lakalantas meningkat, tetapi untuk korban meninggal dunia menurun dratis. (Jon)