Tinggalkan Lapas Tabanan, Efrie Sumbang Perunggu di SEA Games Kamboja 2023

oleh
Efrie Surya Perdana, pegawai Lapas Kelas IIB Tabanan mendapatkan penghargaan atas prestasinya meraih medali perunggu di SEA Games Kamboja 2023. Penghargaan diberikan pada peringatan Hari Kementerian Hukum dan HAM RI (HDKD) ke-78 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Efrie Surya Perdana (25) menjadi salah satu pegawai Kanwilkumham Provinsi Bali yang mendapatkan penghargaan Hari Kementerian Hukum dan HAM RI (HDKD) ke-78.

Pegawai Lapas Kelas IIB Tabanan ini menjadi atlet penyumbang medali perunggu di cabor Vovinam SEA Games 2023 Kamboja.

“Saya harus berjuang mengalahkan atlet tuan rumah dan Vietnam sendiri sampai akhirnya meraih medali perunggu,” kata Efrie ditemui usai menerima penghargaan, Senin, 21 Agustus 2023.

Vovinam sendiri merupakan olahraga bela diri asal Vietnam yang dipraktikan dengan atau tanpa senjata.

Efrie menambahkan, ia tertarik menekuni olahraga beladiri itu sejak 2013. Kecintaan dan ketelatenan di olahraga beladiri itu membuahkan hasil saat terpilih masuk Pelatnas.

Menurut pria yang lolos seleksi pegawai Kemenkumham tahun 2022 itu, pelatihan nasional untuk Vovinam terpusat di Bali. Kondisi itu memudahkannya untuk fokus untuk menyiapkan SEA Games Kamboja 2023.

“Yang pasti saya dapat dukungan dengan kemudahan ijin yang diberikan, sekitar sebulan saya meninggalkan pekerjaan untuk SEA Games Kamboja,” jelasnya.

Efrie menceritakan, dalam cabor Vovinam itu medali emas diraih oleh Vietnam sebagai negara asal beladiri tersebut. Posisi kedua atau perak diraih Kamboja sebagai tuan rumah kompetisi olahraga terbesar di Asia Tenggara itu.

“Dua negara itu terberat, terakhir saya melakukan battle dengan Kamboja sampai merebut perunggu,” kata Efrie. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News