SMK PN-PN2 Purworejo Gandeng Nasmoco Realisasikan Link and Match

    


Subhan Firdaus, Kepala Bengkel Nasmoco Magelang, bersama Dr Nikmah Nurbaity, M.Pd, B.I, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Provinsi Jateng, saat melaunching program Nasmoco Go to School di SMK PN-PN2 Purworejo, Rabu (11/11/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMK PN-PN2 Purworejo, bekerjasama dengan Nasmoco Magelang, dalam merealisasikan link and match, antara sekolah dengan dunia industri. Hal itu ditandai dengan melaunching program Nasmoco Go to School di SMK PN-PN2, Rabu (11/11/2020).

Launching ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan pita oleh Subhan Firdaus, selaku Kepala Bengkel Nasmoco Magelang, bersama Dr Nikmah Nurbaity, M.Pd, B.I, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII, Provinsi Jateng.

Dalam kesempatan tersebut, Subhan Firdaus menyampaikan, kegiatan Nasmoco Go to School merupakan kelanjutan dari program Link and Match, sesuai arahan Presiden Jokowi dalam pembangunan sumber daya manusia.

“Pada program Nasmoco Go to School, berisi pembelajaran dan edukasi tentang kompetensi, bagaimana budaya industri dan budaya kerja diterapkan di sekolah,” ujar Subhan.

Subhan memiliki misi, untuk mencetak tenaga kerja-tenaga kerja yang trampil, di wilayah Kedu Raya, khususnya siswa jurusan TKRO. Dia berharap, setelah lulus dari sekolah ini, siswa sudah siap bersaing dengan SMK-SMK di Kedu Raya, bahkan Indonesia.

Dalam program ini, dari Nasmoco membuka bengkel layanan perawatan servis kendaraan ringan untuk kendaraan roda empat. Selama program berlangsung, dari Rabu (11/11/2020) hingga Kamis (12/11/2020), sudah terdaftar 81 kendaraan yang siap diservis.

Rakhmi Widayanti, SSos, Kepala SMK PN2 Purworejo, menyampaikan rasa kegembiraannya, karena berkesempatan menjalin kerjasama dengan Nasmoco.

“Dengan kegiatan ini, paling tidak siswa bisa belajar menangani konsumen dan kendaraan yang bermasalah/ troubel secara langsung,” ujar Rakhmi, didampingi Sugiri, SPd, Kepala SMK PN Purworejo.

Dijelaskan pula, siswa yang ikut mendampingi para teknisi dari Nasmoco sebanyak 12 orang, yang merupakan siswa jurusan TKRO dari SMK PN-PN2. Ada seleksi ketat untuk menjadi pendamping teknisi Nasmoco, sesuai standar Nasmoco.

“Ini awal kerjasama, selanjutnya akan ditindaklanjuti dengan pemagangan, PKL, juga guru tamu.
Yang jelas ada penyelarasan kurikulum dengan Iduka, itu yang lebih penting. Karena dari penyelarasan kurikulum tersebut akan diterapkan kurikulum di sekolah sesuai tuntutan Iduka,” ujar Rakhmi.

Terpisah, Puji Astuti, SPd, Humas SMK PN-PN2 menjelaskan, bahwa program Nasmoco Go to School, merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT SMK PN yang ke 52, dan SMK PN 2 yang ke 26, yang diperingati pada 10 Nopember 2020.

“Tema peringatan HUT kali ini, Dengan Semangat HUT, Kita Eksistensikan Kelembagaan, menuju Sekolah Vokasi yang Unggul dan Berdaya Saing,” pungkas Puji Astuti. (Jon)