Sasar Orang Asing Timpora Kemenkumham Bali Gelar Patroli Imigrasi di Sanur dan Seminyak

    


Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kanwilkumham Bali menggelar Patroli Imigrasi dalam rangka menuju Hari Bhakti Imigrasi Ke-72 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Patroli Imigrasi dilakukan di dua wilayah yang padat dengan orang asing di Bali. Tempat yang disasar Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kanwilkumham Bali yakni, wilayah Sanur dan Seminyak.

Kepala Kanwilkumham Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi WNI dan WNA yang masih tinggal di Bali.

“Ini kami lakukan secara humanis. Tapi kalau ditemukan pelanggaran, kami juga akan bertindak secara tegas,” kata Jamaruli saat mengikuti Apel Gabungan di Denpasar, Rabu, 19 Januari 2022.

Jamaruli melanjutkan, patroli imigrasi itu untuk memastikan dokumen keimigrasian yang dipegang orang asing sesuai dengan peraturan. Timpora memastikan tidak terjadi adanya pelanggaran yang dilakukan orang asing.

“Hal inilah yang kami maksudkan dengan humanis, tidak mengganggu ketertiban di masyarakat. Kami ingin masyarakat tetap aman dan nyaman tapi penegakkan hukum tetap berjalan,” kata Jamaruli.

Di sisi lain, secara nasional, apel gabungan diselenggarakan di Dermaga 99 Harbour Bay, Batam, Kepulauan Riau, Rabu, 19 Januari 2022.

Apel yang digelar sebagai rangkaian acara menuju Hari Bhakti Imigrasi Ke-72. Kegiatan diikuti oleh 26 instansi eksternal dan dihadiri oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dan Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sjarief Hiariej.

Yasonna mengatakan, keamanan
dan ketertiban negara menjadi tanggungjawab bersama seluruh pemangku kepentingan di negeri ini. Maka, dibutuhkan kolaborasi dan sinergi antar para penegak hukum, penjaga perbatasan dan penjaga kedaulatan.

“Pengawasan terhadap pintu gerbang negara dan perbatasan menjadi sesuatu yang
penting. Pengawasan dan pengamanan terhadap keluar masuknya WNA dan WNI menjadi bagian dari pencegahan masuknya virus covid,” kata Yasonna.

Apel secara tatap muka juga dilakukan di empat lokasi yakni, Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta (Halim), Kanwil Kemenkumham Bali
(Denpasar), Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah (Palu) dan Kanwil Kemenkumham Papua Barat (Sorong). (Way)