Peluang Dibuka, Bali Siap Kirim Tenaga PMI Kapal Pesiar

oleh
Penandatanganan Kerja Sama Lembaga Pendidikan Vokasi dengan 14 DUDI Bidang Perhotelan dan Kapal Pesiar di Kuta, Bali, Rabu (11/11/2020) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – 14 Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) menyepakati kerja sama dengan Forum Kursus Perhotelan dan Kapal Pesiar Indonesia (FKPKPI). Kesepakatan itu mempertemukan dunia pendidikan sebagai supply side terhadap dunia usaha dan dunia industri.

Kesepakatan itu, menurut Kadisdikpora Bali IKN Boy Jayawibawa, sebagai bentuk dukungan yang menguntungkan untuk dunia pendidikan, terutama SMK. Lima DUDI yang terlibat dalam MoU yakni, sea-based, tiga DUDI land-based, satu DUDI yang berasal dari Timur Tengah, dan lima Asosiasi Perhotelan.

“Secara kesiapan, Bali terus mempersiapkan tenaga terdidik untuk bekerja di kapal pesiar. Sekolah kejuruan sudah mempersiapkan itu dan ini menguntungkan,” kata Boy melalui sambungan telepon, Kamis, 12 November 2020.

Hanya saja, untuk realisasi pengirimannya masih perlu dikoordinasikan dengan berbagai pihak.

“Terutama terkait perijinan masih perlu dikoordinasikan dengan banyak pihak,” jelas Boy.

Sementara, Ketua Forum Kursus Perhotelan-Kapal Persiar Indonesia (FKPKPI), Theo George Gill mengatakan, pendidikan non-formal bidang perhotelan dan kapal pesiar sudah sangat siap memenuhi kriteria yang diharapkan oleh DUDI.

Theo menghimbau kepada 144 lembaga kursus dan pelatihan di bawah FKPKPI, agar dapat terus berbenah dan mengikuti perkembangan dan perubahan kebutuhan industri.

“Khususnya pada empat jenis kompetensi yaitu unit kompetensi Food and Beverage Service, Food and Beverage Product, House Keeping dan Front Office” kata Theo.

Theo menambahkan, beberapa perusahaan kapal pesiar akan mulai kembali berlayar awal tahun depan. Peluang itu diikuti terbukanya peluang dan kebutuhan puluhan ribu orang praktisi hotel.

“Beberapa industri perhotelan dan kapal pesiar sudah mulai bergerak dan mempersiapkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing,” kata Theo. (Way)

KORANJURI.com di Google News