Panitia Bulan Dana PMI Purworejo Targetkan Himpun Sumbangan Rp 1,2 Milyar

oleh
Pengukuhan Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo tahun 2024 oleh Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Selasa (02/07/2024) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo tahun 2024 menargetkan perolehan sumbangan Bulan Dana tahun ini sebesar Rp 1,2 milyar.

Hal itu mengingat, kegiatan PMI semakin luas dan dituntut profesionalisme dalam pelayanan kemanusiaan, serta standar pelayanan darah harus sesuai peraturan kementrian kesehatan, sehingga produk darah yang dihasilkan oleh PMI , harus benar-benar aman.

Demikian disampaikan Kapolres Purworejo AKBP Eko Sunaryo selaku Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo tahun 2024, Selasa (02/07/2024), di ruang Arahiwang kompleks Kantor Bupati Purworejo, usai menjalani pengukuhan.

Disampaikan pula bahwa maksud dan tujuan kegiatan Bulan Dana PMI adalah mengajak masyarakat untuk dapat membantu meringankan beban masyarakat lain yang membutuhkan dengan cara mengumpulkan atau menyisihkan sebagian hartanya ke PMI melalui kegiatan Bulan Dana PMI yang diadakan setiap tahun.

“Sampai saat ini kegiatan Bulan Dana PMI di Purworejo masih merupakan sumber dana yang diandalkan oleh PMI,” kata Eko Sunaryo .

Pendapatan dari Bulan Dana PMI ini sebut Eko Sunaryo, digunakan untuk kegiatan PMI secara keseluruhan, yang dituangkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja PMI yang diputuskan dalam Musyawarah Kerja PMI pada setiap awal tahun Anggaran yang bersangkutan.

Pemanfaatan dari hasil Bulan Dana PMI tersebut digunakan 10 % disetorkan ke PMI Provinsi Jawa Tengah dan 90 % untuk kegiatan PMI Kabupaten Purworejo antara lain, Program Pelayanan Penanganan Bencana, Program Pelayanan Kesehatan dan Sosial, Program Komunikasi dan Informasi, Program Koordinasi, Pembinaan Generasi Muda, Program Adminstrasi Perkantoran dan Mobilisasi Relawan.

“Serta Program Pemeliharaan Sarana Inventaris untuk Kesehatan, Sosial dan bencana,” ungkap Eko Sunaryo .

Agar hasil yang dicapai optimal, kepada panitia Eko Sunaryo meminta agar melakukan koordinasi dan kerjasama dengan semua anggota panitia harian dan panitia pelaksana.

Koordinator bidang diharapkan dapat mengembangkan sasaran yang sekiranya belum masuk dalam daftar sasaran sebagaimana yang tertuang pada surat keputusan.

“Apabila terjadi permasalahan/ kendala di lapangan, untuk segera di komunikasikan dengan panitia harian atau dengan pihak PMI,” kata Eko Sunaryo.

Pengukuhan Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Purworejo tahun 2024 dilakukan oleh Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, yang juga menjabat sebagai Ketua PMI Kabupaten Purworejo. Pengukuhan ini berdasarkan surat keputusan Bupati Purworejo no: 100.3.3.2/409/2024 tertanggal 11 Juli 2024.

Pada kesempatan tersebut Bupati mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Purworejo untuk turut serta mendukung dan mensukseskan Bulan Dana PMI ini.

“Hasil sumbangan Bulan Dana PMI akan digunakan untuk kegiatan kemanusiaan dan sosial bagi masyarakat,” kata Bupati. (Jon)

KORANJURI.com di Google News