Buruan, Pendaftaran CASN 2021 Pemkab Purworejo Sudah Dibuka

    


drg Nancy Megawati Hadisusilo, MM, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pendaftaran seleksi CASN 2021 (Calon Aparatur Sipil Negara), baik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di lingkungan Pemkab Purworejo, sudah dibuka.

Tahun ini, Kabupaten Purworejo mendapatkan formasi sejumlah 2.039, dengan perincian, untuk P3K guru kelas dan guru mapel 1.821, guru agama Islam 75, dan tenaga kesehatan 27.

“Untuk CPNS terdiri dari 102 tenaga kesehatan, dan 14 formasi tenaga teknis,” jelas drg Nancy Megawati Hadisusilo, MM, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Purworejo, Kamis (01/07/2021).

Menurut Nancy, meski sempat tertunda, namun pemerintah sudah mengeluarkan jadwal terbaru dari seleksi CASN 2021, yang dimulai dengan pendaftaran
seleksi, 30 Juni-21 Juli 2021.

Untuk CPNS, kata Nancy,ada formasi khusus untuk putra-putri lulusan terbaik berpredikat ‘Pujian Terbaik’ atau cumlaude, dan penyandang disabilitas.

Untuk CPNS testnya SKD (seleksi kompetensi dasar), meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi. Pelamar yang lolos SKD, berhak mengikuti SKB (seleksi kompetensi bidang) yang dilaksanakan menggunakan sistem CAT-BKN.

Untuk seleksi kompetensi P3K jabatan fungsional non guru, menggunakan sistem CAT-BKN yang memuat kompetensi teknis, kompetensi menejerial, dan kompetensi sosio kultural.

Syarat untuk pelamar P3K jabatan fungsional guru, tenaga honorer eks Kategori II BKN (THK-II BKN), guru non-ASN yang terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik), guru swasta yang terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik), dan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Nancy menghimbau, kepada calon peserta yang mendaftar CASN, sebelum meng-upload, harus dicek betul, apakah persyaratannya sudah benar. Karena kalau sudah diupload sekali, sudah nggak bisa mengulangi lagi.

“Cek dulu jangan sampai ada yang keliru. Jangan lupa untuk menyimak jadwal pelaksanaan tes bagi CPNS, karena ada tes SKD dan SKB,” kata Nancy mengingatkan.

Bagi P3K guru, ada tes kompetensi I, II, dan III, itu waktunya secara tentatif Pebruari hingga Desember 2021. Bagi P3K non guru tes dilaksanakan setelah SKD CPNS.

“Tolong untuk menyimak jadwalnya, karena kita tidak tahu apakah ada perubahan jadwal terkait dengan status pademi Covid di Indonesia,” pungkas Nancy sambil menambahkan, jika kurang jelas atau membutuhkan informasi lebih lanjut dapat diunduh di laman sscasn.bkn.go.id, serta bkd.purworejo.go.id. (jon)