Bertambah, Dari 4 Terkonfirmasi Positif di Gianyar, 3 Diantaranya Satu Keluarga

    


Ilustrasi/triggernetmedia

KORANJURI.COM – Kasus terkonfirmasi Positif Covid-19 kembali terjadi di Kabupaten Gianyar. Tiga diantaranya merupakan satu keluarga.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Gianyar, I Made Wisnu Wijaya membenarkan hal tersebut.

Tiga orang positif covid-19 dalam satu keluarga tersebut, berasal dari Lingkungan Teges Kaja, Kelurahan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Mereka masing-masing, IAEW (36) yang kesehariannya menjadi guru, IBAM (40) yang merupakan suami IAEW berprofesi sebagai HRD Toko di Gianyar, serta anaknya IAAP (11) pelajar.

Sementara itu, satu orang lainnya yakni DKGP (23) berasal dari Banjar Basangambu, Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring Gianyar.

Wisnu Wijaya mengatakan, satu keluarga yang terkonfirmasi covid-19 sempat berkunjung kerumah ibu kandung dari IAEW di Klungkung.

“Ibu kandung yang bersangkutan dinyatakan positif covid-19, kesehariannya berjualan di Pasar Galiran Klungkung,” kata Made Wijaya.

Pada Kamis (21/5/2020), tiga orang keluarga tersebut (IAEW, IBAM, serta IAAKP) berkunjung ke Klungkung menemui ibu kandung dari IAEW di kawasan Kelurahan Semarapura Kelod, Klungkung.

“Kemudian pada, Senin (25/5/2020) istri dari keluarga ini mengalami demam, langsung berobat ke dokter praktek swasta di daerah Kampung Tinggi Gianyar dan daerah Bitra,” jelasnya.

Jumat (5/6/2020) satu keluarga ini yang awalnya terdiri dari 4 orang melakukan swab mandiri ke poli Covid RSUP Sanglah.

“Dari 4 orang keluarga tersebut, tiga diantaranya positif Sars-cov-2. Kemudian, pada, Sabtu (6/6/2020) ketiga penderita sudah dirawat di ruang isolasi RSUP Sanglah Denpasar,” kata Wianu Wijaya.

Kemudian, Minggu (7/6/2020) dilakukan contact tracing oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar bersama Puskesmas Gianyar I.

“Hasilnya, ada 11 orang di rumah penderita dan mereka akan dilakukan rapid dan swab tes,” terangnya demikian.

Menurut Wisnu, contact tracing akan dilanjutkan di tempat kerja yang bersangkutan. Dari keterangan pasien sendiri, karna Wisnu Wijaya, pasien aaty keluarga itu sempat berbelanja kebutuhan sehari-hari di Pasar Gianyar.

Sementara, pasien berinisial DKGP (23) merupakan calon pelaku perjalanan keluar daerah.

“DKGP melakukan pemeriksaan mandiri di RSPTN Udayana pada, Rabu (3/6/2020) dengan hasil swab dengan metode PCR terkonfirmasi positif,” jelas Wisnu.

Saat ini, yang bersangkutan tengah dirawat di RSPTN Udayana.

Dari update data pada Minggu (7/6/2020), di Kabupaten Gianyar tercatat 42 positif covid-19 dengan 1 kasus luar wilayah. 28 diantaranya sudah dinyatakan sehat, sedangkan kasus aktif dalam penanganan rumah sakit sebanyak 12 orang dan 1 orang meninggal dunia. (ning)