Tahap II Pencairan Dana Desa di Rote Ndao Capai 100 Persen

    


Kepala PMD Kabupaten Rote Ndao, James K.Therik - foto: Isak Doris Faot/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pencairan dana desa tahap II akan segera diterima 112 Desa di wilayah Rote Ndao. Kepala PMD Kabupaten Rote Ndao, James K.Therik, mengatakan, pertanggungjawaban administrasi tahap I telah rampung.

“112 desa dalam tahap pencairan dana desa tahap II. Dengan demikian, Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) kita Oktober 2019 sudah akan dicairkan Tahap III,” jelas James K. Therik, Rabu 21 Agustus 2019.

Diperkirakan, pencairan dana desa tahap III tuntas di akhir Oktober 2019. Jika tidak terserap, maka akan berpengaruh terhadap besaran dana desa yang akan diberikan tahun berikutnya.

“Semua dilakukan secara tertib administrasi antara Kepala PMD dan para kepala Desa,” kata James.

Kepala Keuangan Kabupaten Rote Ndao, Daniel W Nalle menambahkan, tahun 2019 Kabupaten Rote Ndao mendapatkan alokasi dana desa sebesar Rp 104.793.226.000.

Uang tersebut dicairkan melalui tiga tahap yakni, tahap I sebanyak 20 persen, tahap II 40 persen dan tahap III 40 persen.

Daniel menambahkan, pihak keuangan hanya sebagai administrator. Jika administrasi keuangan sesuai aturan yang berlaku, pihaknya segera merekomendasikan kepada Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk pencairan. (Zak)