Siswi SMKN 4 Purworejo Raih Juara 1 Nasional Lomba Poster

    


Pemberian reward dari sekolah yang diserahkan Kepala SMKN 4 Purworejo, Purwanti, S.Pd, M.Par, kepada Devi Cicilya Fitriyani - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Prestasi membanggakan diraih Devi Cicilya Fitriyani (15), siswa kelas X APAT (Agribisnis Perikanan Air Tawar) B SMKN 4 Purworejo. Devi berhasil meraih Juara Favorit 1 dalam Lomba Poster Tingkat Nasional yang diadakan Ditjen Pendidikan Vokasi dari Kemendikbud, yang diumumkan Rabu (08/09/2021) lalu lewat Instagram.

Bertemakan mimpi 5-10 tahun mendatang, poster karya Devi berhasil mengalahkan ribuan peserta lainnya se Indonesia. Atas prestasinya itu, Devi berhak mendapatkan sejumlah hadiah.

“Tema posternya mengekspresikan mimpi-mimpi saya 5-10 tahun mendatang, yakni, ingin menjadi ahli pencak silat, ingin berpartisipasi dalam berbagai macam perlombaan, serta ingin membuat masyarakat sekitar termotivasi,” ujar Devi, Kamis (09/09/2021), yang didampingi Waka Kesiswaan Kristina, SPd.

Ternyata, prestasi Devi tak hanya itu saja. Putra ketiga dari empat bersaudara pasangan Witorejo-Suryani, warga Kuwukan, Ngombol ini juga meraih juara terfavorit Lomba Pramuka Instagram 60 detik dalam rangka ulang tahun Pramuka ke 60 yang diadakan oleh Kwarnas (Kwartir Nasional).

Pada lomba yang diumumkan lewat Instagram pada 17 Agustus 2021 lalu itu, Devi membuat video, yang menceritakan tentang bagiamana itu Pramuka, menyenangkan atau tidak. Atas prestasi ini, Devi mendapatkan piagam tingkat nasional dan sejumlah uang pembinaan.

“Waktu di SMP, saya memang suka sekali sama kegiatan Pramuka, bahkan saya menjadi anggota Pramuka Garuda,” cerita Devi, yang juga menjadi atlet pencak silat, dan pernah meraih juara silat internasional waktu SMP ini.

Devi yang hobi melukis dan sering mengikuti berbagai macam lomba ini mengungkapkan, persiapannya sebelum mengikuti lomba bergengsi tersebut, dengan latihan dan mencari referensi di you tube atau bertanya ke orang yang sudah berpengalaman.

“Harapan ke depan, semoga mimpi saya terwujud,” ujar Devi, pemilik akun Instagram @dvi_cclya ini.

Atas prestasi yang diraih anak didiknya itu, Kepala SMKN 4 Purworejo, Purwanti, S.Pd, M.Par mengaku sangat bangga. Sebagai bentuk apresiasi atas capaian dua prestasi tingkat nasional tersebut, dari pihak sekolah memberikan reward kepada Devi.

“Sangat bangga. Meski pandemi, bukan halangan untuk berprestasi,” ujar Purwanti, yang didampingi Waka Humas Edi Mardiyanto, S.T.

Apa yang diraih Devi, kata Purwanti, menjadi suatu penyemangat bagi siswa-siswi lainnya, karena sudah membawa nama baik untuk dirinya sendiri, orangtua, juga sekolah.

“Bahwa sekolah ini memiliki anak yang berprestasi, tidak hanya di ajang regional, tapi ternyata sampai juara 1 internasional,” ujar Purwanti penuh semangat.

Devi Cicilya Fitriyani, berfoto bersama Kepala SMKN 4 Purworejo, Purwanti, S.Pd, M.Par, Waka Kesiswaan Kristina, SPd, dan Waka Humas Edi Mardiyanto, S.T. - foto: Sujono/Koranjuri.com

Devi Cicilya Fitriyani, berfoto bersama Kepala SMKN 4 Purworejo, Purwanti, S.Pd, M.Par, Waka Kesiswaan Kristina, SPd, dan Waka Humas Edi Mardiyanto, S.T. – foto: Sujono/Koranjuri.com

Dengan prestasi ini, Purwanti menghimbau, bahwa sekolah harus mulai menata diri lagi untuk memberikan wadah-wadah yang baik untuk bakat anak-anaknya, yang disesuaikan dengan porsinya, supaya lebih terarah, terasah dan bisa menjadi kebanggaan SMKN 4 Purworejo. (Jon)