Siswa-siswi SMK TI Kartika Cendekia Purworejo Ikuti Motivasi Cerdas Berkarakter

    


Salah satu narasumber tengah menyampaikan materi dalam Motivasi Cerdas Berkarakter di SMK TI Kartika Cendekia Purworejo, Rabu (13/04/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Siswa-siswi SMK TI Kartika Cendekia Purworejo dari kelas XI, mengikuti Motivasi Cerdas Berkarakter, Rabu (13/04/2022).

Kegiatan yang menghadirkan dua narasumber dari Polres Purworejo dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini, dibuka secara resmi oleh Agus Setya Ardiyanto, A.Md, Kepala SMK TI Kartika Cendekia Purworejo.

Menurut Agus, kegiatan pemberian motivasi tersebut merupakan kolaborasi dari BK dan Kesiswaan, yang pelaksanaannya untuk saat ini dikhususkan bagi kelas XI, yang dilakukan dalam dua gelombang.

“Nantinya untuk kelas X dan XII juga sama, namun pelaksanaannya akan diatur dalam sebuah jadwal,” ujar Agus, di sela-sela kegiatan.

Menurut Agus, yang didampingi Waka Kesiswaan, Hani Devi, S.Pd, tujuan dari pemberian motivasi tersebut, membentuk karakter siswa sesuai dengan norma, adanya perubahan yang lebih baik dalam diri peserta didik, menyiapkan peserta didik untuk siap masa sekarang dan masa yang akan datang, meningkatkan kedisiplinan, serta mencegah adanya praktik perundungan.

“Hal itu juga selaras dengan visi misi kami sebagai SMK Pusat Keunggulan,” kata Agus.

Dia berharap, dengan mengikuti kegiatan pemberian motivasi ini, siswa-siswi di SMK TI Kartika Cendekia Purworejo menjadi lebih disiplin dan lebih siap di masyarakat terutama dalam hal pergaulan.

Hani menambahkan, dengan kegiatan ini, khususnya bagi siswa kelas XI yang berjumlah 144 anak, bisa merubah sikapnya menjadi lebih disiplin, lebih berhati-hati dalam bergaul, dan lebih bisa memilah-milah dalam pergaulan.

“Apalagi di bulan Ramadhan ini, supaya bisa menjadi perenungan bahwa harus fokus dengan ibadah dan untuk persiapan siswa PKL di DUDI,” ujar Hani.

Materi yang disampaikan, jelas Hani, ‘Akibat Seks Bebas dan Pergaulan Bebas’, oleh Sri Andriyani, SKM, dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta tentang ‘Narkoba, Miras, UU ITE dan Geng Motor’ oleh Dyah Ayu Ida N, SH dari Polres Purworejo. (Jon)