Selama Operasi Ketupat Candi 2022, Angka Kecelakaan di Purworejo Menurun

    


Petugas dari gakum Polres tengah melakukan olah TKP dalam suatu kejadian lakalantas selama Operasi Ketupat Candi 2022 - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Selama pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2022 yang dilaksanakan sejak 28 April 2022 hingga 9 Mei 2022, angka lakalantas yang terjadi di wilayah hukum Polres Purworejo mengalami penurunan dibanding operasi serupa pada 2019 (mudik terakhir diberlakukan).

Jika pada 2019 terjadi 10 kejadian lakalantas, maka di tahun 2022 ini hanya ada 4 kejadian lakalantas, dengan TKP di jalur utama mudik (jalan nasional).

“Ada penurunan drastis jika dibanding 3 tahun lalu, saat terakhir mudik diberlakukan,” jelas Kasatlantas Polres Purworejo melalui Kanit Gakum Iptu Eko Rosdianto, SH, Rabu (11/05/2022).

Lakalantas tersebut, kata Eko, dengan TKP di jalan Daendels, Ketawang, Grabag. Kronologisnya, sebuah sepeda motor Vario dari arah Kebumen, karena kurang konsentrasi si pengendara, menabrak bagian belakang KBM (kendaraan bermotor) Pajero.

Yang kedua, Honda Beat menabrak KBM Avanza dari timur ke barat, berlokasi di Nampurejo, Purwodadi.

Di Krendetan, Bagelen, sebuah mobil Avanza karena kekurang hati-hatian, menabrak Honda Vario yang ada di depannya.

Di jalan nasional Andong, Butuh, sebuah sepeda motor Kawasaki Ninja dari timur ke barat, karena kurang hati-hati menabrak mobil Wuling yang ada di depannya.

“Korban rata-rata mengalami luka ringan, dengan kerugian material mencapai Rp 2,5 juta,” ungkap Eko.

Menurutnya, selama Operasi Ketupat, untuk kelancaran arus mudik dibentuk tim pengurai, tim kamsel, serta pembentukan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

Karena titik lelah berada di Purworejo dari petugas sendiri menurut Eko, tak henti-hentinya menghimbau kepada para pemudik agar berhati-hati, dan beristirahat jika merasa lelah di rest area yang banyak disediakan.

“Alhamdulillah, angka kecelakaan bisa kita tekan,” pungkas Eko. (Jon)