Puan Maharani Puji Langkah Dekranasda Bali Gelar Pameran Bali Bangkit

    


Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Ketua Dekranasda Bali Putri Suastini Koster mengunjungi pameran Bali Bangkit di Taman Budaya Bali, Kamis, 27 Mei 2021 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Pada masa pandemi Covid-19, masyarakat pelaku UMKM Bali kembali bangkit melalui rangkulan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali.

Roda perekonomian perlahan kembali berputar melalui upaya pemanfaatan sekaligus penguasaan teknologi informasi dalam memasarkan hasil kerajinan.

Melalui elektronik marketplace, setiap pelaku UMKM dapat memanfaatkan Balimall.id sebagai aplikasi untuk menjual barang kerajinan.

“Pameran Bali Bangkit upaya memberikan peluang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan kerajinan secara langsung, dengan penyediaan tempat gratis oleh pemerintah,” kata Ketua Dekranasda Bali Putri Suastini Koster di Denpasar, Kamis, 27 Mei 2021.

Ketua Dekranasda Bali mendampingi kunjungan kerja Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani di Taman Budaya Art Center, Kamis (27/5/2021).

Selain memberikan fasilitas kepada pelaku UMKM, pameran Bali Bangkit juga memberikan peluang bagi pengusaha daerah untuk memamerkan dan memasarkan produk mereka. Pola kegiatannya dilakukan secara hybrid. Produk bisa dipasarkan secara langsung dan juga bisa melalui marketplace besutan Dekranasda Bali.

“Bali mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19. Saat ini, kita mulai menguatkan diri dengan mengambil langkah baru untuk menjadi karakter yang mandiri,” kata Putri Koster.

Ia memberikan gambaran konsep segitiga sama sisi. Membangun dan menguatkan tiga pilar pendukung Bali harus dilakukan. Tiga pilar itu yakni, pariwisata, UMKM dan pertanian.

Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani menyatakan kekaguman dan mengapresiasi gerakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali di bawah kepemimpinan Putri Koster. (Way/*)