Kemendag Fasilitasi MoU Perdagangan Jasa Bidang IT Indonesia-Australia

    


Mendag Zulkifli Hasan (kanan) bertemu dengan Associate Secretary Tim Yeend dalam pembahasan penguatan hubungan ekonomi, khususnya perdagangan di Nusa Dua, Bali - Rabu, 21 September 2022 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Kementerian Perdagangan memfasilitasi Nota Kesepahaman antara perusahaan jasa IT Xtramile Solutions Pty Ltd di Bali bersama Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Jurusan Ilmu
Komputer Universitas Gadjah Mada (UGM).

MoU dilakukan di sela pertemuan Bilateral Indonesia-Ausralia untuk event G20 Trade, Investment, and Industry Ministerial Meeting (TIIMM) di Nusa Dua, Bali, Rabu, 21 September 2022.

“Saya ucapkan selamat kepada Xtramiles Solutions dan UGM atas kesepakatan yang akan meningkatkan kinerja ekspor Indonesia di bidang perdagangan jasa,” kata Zulkifli Hasan.

Dalam MoU tersebut, Xtramile Solutions Pty Ltd akan merekrut lulusan Fakultas MIPA Jurusan Ilmu Komputer UGM periode 2023-2028.

Perusahaan Australia ini didirikan tahun 2004 oleh diaspora Indonesia yang menyediakan jasa IT khususnya di bidang kesehatan, khususnya rumah sakit pemerintah Australia dan institusi kesehatan swasta di Australia.

Menurut Zulkifli Hasan, MoU ini sebagai bentuk kolaborasi yang saling menguntungkan antara akademisi dan dunia usaha.

“MoU ini menciptakan peluang bagi anak-anak muda Indonesia untuk meningkatkan keterampilannya dan berkontribusi dalam pembangunan sumber daya manusia Indonesia,” jelasnya.

MoU tersebut menjadi sebuah terobosan nyata untuk konsep economic powerhouse dan menjadi bagian penting dari Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

“Ini yang menjadi pembeda dengan bentuk kerja sama sejenis yang telah Indonesia miliki sebelumnya,” jelasnya.

Perjanjian bilateral juga mencakup kerjasama bisnis untuk kalangan pengusaha Australia. Mendag mengajak pengusaha Australia berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37.

Pameran dagang terbesar di Indonesia ini akan dilaksanakan secara fisik pada 19-23 Oktober 2022 dan secara virtual pada 19 Oktober-19 Desember 2022. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS