Karate SMPN 12 Purworejo Tampil Memukau di Hadapan Bupati dalam Peringatan Haornas

oleh
Alfian Purbowicaksono (kanan), siswa SMPN 12 Purworejo, saat menampilkan demonstrasi karate Kata Beregu di hadapan Bupati Purworejo dalam upacara peringatan Haornas tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2022, Jum'at (09/09/2022) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Atlet karate dari SMPN 12 Purworejo, Alfian Purbowicaksono, siswa kelas VIII D, tampil memukau di hadapan Bupati Purworejo Agus Bastian dan para tamu undangan, dalam peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas), Jum’at (09/09/2022).

Alfian mendemonstrasikan Kata Beregu bersama dua atlet lainnya, Andrea Ramadhitya dan Abie Wijaya Kusuma dari SDN Wirotaman, Kutoarjo. Tepuk tangan dari Bupati Purworejo, diikuti semua tamu undangan dan penonton yang memadati depan Pendopo
Bupati Purworejo, tempat dilaksanakannya upacara Haornas, mengiringi penampilan Alfian dan kedua rekan setimnya hingga usai.

Usai demontrasi, Alfian, atlet karate asuhan pelatih Eka Perdana, mengaku sangat bangga dan senang, bisa tampil di hadapan Bupati Purworejo dan para pejabat jajaran Forkopimda lainnya.

“Semoga ini bisa untuk menambah semangat saya untuk lebih berprestasi lagi,” ujar Alfian, peraih juara 1 pada kelas Kata Beregu, dalam Kejuaraan Nasional Karate Open Rektor Cup IX yang diselenggarakan UIN Walisongo, Semarang pada tanggal 26-28 Agustus 2022 lalu.

Selain Alfian dari cabang olahraga karate, dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan demontrasi dari atlet-atlet taekwondo, kempo dan silat.

Dalam upacara peringatan Haornas tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2022 itu, diikuti 972 peserta, terdiri dari 22 cabor peserta Popda, Porkab, official, atlet dan panitia pelaksana, dengan inspektur upacara Bupati Purworejo.

Terpisah, Kepala SMPN 12 Purworejo Himawan Susrijadi, S.Pd., M.Pd., mengaku bangga dengan penampilan siswanya tersebut.

Menurutnya, sebuah kehormatan bagi SMPN 12 Purworejo, karena dalam upacara peringatan Haornas tersebut, Alfian, yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler karate di sekolah diminta untuk mendemonstrasikan gaya seni bela diri karate di depan Bupati Purworejo dan para pejabat terkait dilingkungan Kabupaten Purworejo.

“Siswa kami baru-baru ini meraih juara 1 lomba karate tingkat nasional dalam kategori Kata Beregu. Insya Allah, kedepan kami sedang menyiapkan untuk kejuaraan tingkat internasional di Surabaya,” ungkap Himawan.

Karate, jelas Himawan, di SMPN 12 Purworejo masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler pilihan, yang dicoba untuk dikembangkan, menjadi satu-satunya sekolah yang menanamkan kedisiplinan bushido Jepang. Karena olahraga bela diri ini ternyata memiliki nilai-nilai yang sangat luar biasa buat generasi muda.

“Semoga apa yang bisa kami sumbangankan ini bisa membawa nama harum Kabupaten Purworejo khususnya SMPN 12 Purworejo,” pungkas Himawan. (Jon)

KORANJURI on GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News