Hina Pejabat di Medsos, Pengisi Suara di Akun Snack Video Ditangkap

    


Polisi menggelar keterangan pers terkait berita hoaks yang disebar melalui akun snack video - foto: Bob/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Subdit IV Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap editor video yang berisi konten tuduhan kepada sejumpah pejabat Polri.

Pelaku berinisal AH yang ditangkap di rumah kontrakannya di Manjahlega, Kecamatan Rancasari, Bandung, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan, pelaku melakukan editinh dari materi video yang didapat dari salah satu akun twitter dan telegram dengan channel opposite6890.

“Oleh pelaku vdeo itu kemudian diedit swbgan ditambah dengan voice dari pelaku sendiri. Pelaku menambahkan suara yang isinya menimbulkan keonaran dan perpecahan antar golongan berdasarkan Sara,” kata Endra Zulpan, Kamis, 28 Juli 2022.

Dijelaskan, kejadian berawal pada 26 Juli 2022. Pelapor mendapati adanya akun snack video @RakyatJelata98 mengunggah video yang berisikan kabar yang mengarah hoaks.

“Yang bersangkutan menggunakan aplikasi Kine Master dan Lexis audio editor untuk proses editing suara. Kemudian, diunggah di akun snack video @RakyatJelata98,” jelasnya.

Polisi mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya, 1 unit handphone sebuah ring light dan mengamankan akun snack video rakyatjelata98 yang digunakan untuk tindak pidana. (Bob)