Bali Diguncang Gempa Magnitudo 5,6 dan Hujan Lebat di Denpasar Sebabkan Air Meluap

oleh
Gempa Magnitudo 5,6 mengguncang Bali bersamaan hujan lebat yang melanda kawasan. Denpasar pada Sabtu, 27 Januari 2024 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Gempa dengan magnitudo 5,6 kembali mengguncang wilayah Bali pada Sabtu, 27 Januari 2024 dan tercatat pukul 16.33.17 WIB dengan kedalaman gempa 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada di Samudera Hindia Selatan Bali dan tidak berpotensi tsunami. BMKG mencatat episentrum gempa berada pada koordinat 11,56° LS , 113,36° BT, dan berlokasi di laut pada jarak 370 Km arah Barat Daya Kuta Selatan, Bali.

Gempa berdampak dan dirasakan di daerah Kuta, Mataram dan Lombok Barat dengan skala intensitas III MMI atau atau getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Sedangkan di Denpasar dan Gianyar skala intensitas II MMI atau getaran gempa dirasakan seakan truk berlalu dan hanya dirasakan oleh beberapa orang.

Dalam rilis yang dikeluarkan BMKG, gempa yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas deformasi batuan di luar zona subduksi (outerrise zone). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Kepala pelaksana BPBD Provinsi Bali Made Rentin mengatakan, gempa yang mengguncang Bali pada Sabtu, 27 Januari 2024, tidak menimbulkan kerusakan di seluruh Kabupaten/Kota.

“Hampir sebagian besar tidak merasakan adanya gempa dan terpantau nihil kerusakan,” kata Made Rentin, Sabtu, 27 Januari 2024.

Sementara, saat terjadi gempa, hujan lebat juga mengguyur kawasan Denpasar. Sejumlah rumah dan toko swalayan sempat terendam air. Kondisi itu juga membuat sejumlah pemotor mengalami mati mesin kendaraannya. (Way)

KORANJURI.com di Google News