Aksi Bergizi, Ratusan Siswa SMPN 12 Purworejo Minum Tablet Tambah Darah Bersama

    


Dalam Aksi Bergizi di SMPN 12 Purworejo juga ada Skrining kesehatan bagi siswa - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo melalui Puskesmas Kutoarjo melaksanakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di SMPN 12 Purworejo, Selasa (17/01/2023). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 7.

Dalam mensukseskan Aksi Bergizi ini, ditandai dengan minum Tablet Tambah Darah secara bersama-sama yang diikuti semua siswa putri sebanyak 102 orang. Tim atau petugas dari Puskesmas Kutoarjo yang terlibat dalam kegiatan ini sejumlah 15 orang.

Dijelaskan oleh Nania Lestari, salah satu anggota tim Puskesmas Kutoarjo, tujuan dari Gerakan Nasional Aksi Bergizi ini untuk meningkatkan gizi remaja. Dan untuk memudahkan koordinasi, beberapa bidang dan program terlibat dalam kegiatan Aksi Bergizi ini.

Menurut Nania, Aksi Bergizi diawali dengan kegiatan senam bersama, yang merupakan kegiatan dari program Kesorga (Kesehatan Olah Raga), dilanjutkan dengan program gizi, dengan sarapan bersama dan minum tablet tambah darah bersama untuk siswa perempuan.

“Kita juga berikan edukasi tentang kesehatan, tentang gizi, kesehatan reproduksi serta lingkungan,” ungkap Nania sambil menyebut, bagi siswa putri yang minum tablet tambah darah wajib mengisi aplikasi Ceria.

Kata Nania, dalam Aksi Bergizi ini juga dilakukan skrining kesehatan bagi siswa, dimana khusus siswa baru di kelas 7, dilakukan setahun sekali. Untuk pemeriksaan berkala bagi siswa kelas 8 dan 9 setahun dua kali.

Nania mengungkapkan, untuk kegiatan lainnya ada yang dari kesehatan lingkungan terkait sanitasi sekolah dan kantin sekolah, promosi kesehatan (promkes) di PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) serta Epidemiologi dengan mengecek jentik untuk pemberantasan sarang nyamuk.

Untuk mensukseskan Aksi Bergizi, sebanyak 102 siswa putri kelas 7 SMPN 12 Purworejo minum tablet tambah darah bersama, Selasa (17/01/2023) - foto: Koranjuri.com

Untuk mensukseskan Aksi Bergizi, sebanyak 102 siswa putri kelas 7 SMPN 12 Purworejo minum tablet tambah darah bersama, Selasa (17/01/2023) – foto: Koranjuri.com

“Untuk memudahkan koordinasi makanya semua program masuk dalam Aksi Bergizi ini,” ujar Nania.

Dia berharap, karena terdiri dari beberapa program, untuk kesehatan lingkungannya diharapkan ada masukan-masukan sehingga menjadi lebih baik. Untuk TTD (tablet tambah darah) jelas meningkatkan kadar HB siswa putri, sebagai persiapan untuk nantinya hamil dan menjadi seorang ibu.

“Untuk skrining kesehatannya kita deteksi dini sejak awal penyakit-penyakit yang ada di siswa. Dengan adanya sarapan bersama, supaya siswa membiasakan diri sarapan setiap hari, ditambah dengan berolahraga minimal aktifitas fisik seminggu sekali,” terang Nania.

Kepala SMPN 12 Purworejo Himawan Susrijadi, S.Pd., M.Pd., menyambut baik adanya kegiatan Aksi Bergizi dari Puskesmas Kutoarjo ini, karena sangat membantu dalam melihat kwalitas gizi khususnya untuk anak serta terkait dengan penerapan kesehatan di sekolah.

Menurut Himawan, dengan datangnya tim ini pihaknya bisa mengevaluasi untuk kedepannya supaya SMPN 12 ini menjadi lebih baik lagi dalam penerapan kwalitas gizi maupun kebutuhan untuk meningkatkan kesehatan sekolah.

“Kita harapkan kedepannya tidak ada permasalahan kesehatan bagi anak-anak,” kata Himawan.

Nantinya, lanjut Himawan, dari sekolah juga akan mengedukasi para orangtua bagaimana penerapan kesehatan di rumah. Harapannya tidak ada anak yang skait, mengalami masalah kesehatan. Karena jika banyak anak yang sakit, KBM (kegiatan belajar mengajar) akan terganggu.

“Dengan anak yang sehat, kuat , sekolah juga menerapkan sistem kesehatan yang benar, sesuai anjuran pemerintah, tentunya KBM berjalan lancar serta prestasi juga meningkat,” pungkas Himawan. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS