Tunjukkan Prestasi, Siswa SMKN 7 Purworejo Raih Juara

    


Kepala SMK N 7 Purworejo, Samsiyah, SPd, saat menerima piala dari siswa peraih juara, untuk diserahkan ke sekolah - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Empat atlet pencak silat dari SMK N 7 Purworejo, meraih prestasi dalam Kejuaraan Pencak Silat Open Turnamen Tingkat Nasional ‘Yogyakarta Championship 6’. Satu emas dan tiga perunggu, berhasil diraih dalam kejuaraan pencak silat bergengsi ini.

Pada kejuaraan yang berlangsung selama dua hari, dari Selasa (22/10) hingga Rabu (23/10) di GOR Amongrogo, Yogyakarta itu, atlet dari SMK N 7 Purworejo bersaing dengan atlet-atlet pencak silat dari berbagai sekolah se Indonesia.

Keempat siswa peraih juara ini, Reh Hatiningseh, yang turun di kelas A Putri, dan berhasil meraih juara I (medali emas), dan tiga lainnya meraih juara III (perunggu), yakni, Rizki Yulmustofa, yang turun di kelas E Putra, Muhamad Faizal, turun di kelas A Putra, dan Fajar Santoso, yang tanding di kelas C Putra.

“Ini sebuah kebanggaan bagi keluarga besar SMK N 7 Purworejo, siswa kami bisa meraih juara pencak silat tingkat nasional,” ujar Samsiyah, SPd, Kepala SMK N 7 Purworejo, Jum’at (25/10).

Selain itu, ungkap Samsiyah, tim Pramuka dari SMK N 7 Purworejo juga berhasil meraih banyak juara dalam Perkemahan Raimuna Cabang, yang diselenggarakan Kwarcab Purworejo.

Dalam event empat tahunan ini, diikuti oleh 39 tim Pramuka dari berbagai SMK se Purworejo, dan berlangsung selama empat hari, dari Kamis (17/10) hingga Minggu (20/10), di lapangan Yonmek 412.

“Ada lima mata lomba yang diperlombakan dalam perkemahan tersebut, yakni, lomba karya cipta, simapur, morse, pionering, dan sandi logika,” jelas Samsiyah, yang didampingi Sigit Wahyono,SPd, selaku pembina Pramuka.

Dalam perlombaan tersebut, ujar Samsiyah, tim putra Pramuka dari SMK N 7 Purworejo yang berjumlah 8 anggota ini berhasil meraih juara I untuk Pionering Putra, juara I Lomba Karya Cipta Pramuka Putra, juara III Morse, dan juara II untuk Simapur.

Para siswa berprestasi peraih juara tersebut, mendapatkan piala dan piagam, yang diserahkan oleh Kepala Sekolah, dalam sebuah upacara. Menurut Samsiyah, hal itu bisa dijadikan sebagai motivasi bagi siswa lainnya, supaya mereka berprestasi.

“Dengan prestasi ini, bisa menjadi sarana promosi bagi sekolah. Harapannya, mereka bisa lebih maju, dan berprestasi lagi, pada jenjang yang lebih tinggi,” kata Samsiyah.

Lebih jauh Samsiyah mengungkapkan, bahwa pihak sekolah sangat mendukung pada siswa-siswa yang berkiprah di berbagai event/kejuaraan sesuai bidang masing-masing. Karena hal tersebut, juga merupakan bagian dari pendidikan karakter di sekolah.

“Kita ingin menjadikan SMK N 7 ini menjadi sekolah yang menyenangkan, nyaman untuk belajar, dan menghasilkan siswa yang berkualitas. Outputnya, siswa memiliki ketrampilan, kemandirian dan berdaya saing,” pungkas Samsiyah. (Jon)