Tim Satgas Covid-19 SMK Kesehatan Purworejo Ikuti Diklat

    


Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 SMK Kesehatan Purworejo, saat mengikuti Diklat, Selasa (29/12/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 SMK Kesehatan Purworejo yang beranggotakan perwakilan siswa dari unsur OSIS, Rohis, PMR, Pramuka, serta guru BP, guru prodi keperawatan dan farmasi, mengikuti Diklat untuk menunjang tugas mereka, Selasa (29/12/2020).

Diklat yang berlangsung selama sehari itu, menghadirkan dua narasumber dari Puskesmas Mranti, Fika Nuruliyanawati, S.K.M, yang memberikan materi tentang bagaimana penyebaran virus ini dan antisipasinya, serta Dwi Agung Purwadi, S.Kep, dengan materi tentang prosedur ketika ada orang yang terkena virus Covid-19.

Menurut Kepala SMK Kesehatan Purworejo, Nuryadin, S.Sos, M.Pd, tujuan dari Diklat tersebut, selain untuk memberikan wawasan pada tim, juga agar lebih solid dan lebih siap lagi di dalam melaksanakan tugas-tugasnya nanti.

“Kita berharap, tim bisa didukung oleh seluruh civitas akademika SMK Kesehatan Purworejo masyarakat, dan didukung pemerintah. Di masyarakat tim juga bisa berperan sesuai tugasnya,” jelas Nuryadin, usai kegiatan.

Dijelaskan pula, bahwa Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 SMK Kesehatan Purworejo dibentuk, karena melihat perkembangan virus Covid-19 yang makin mengkhawatirkan, baik secara lokal, nasional maupun internasional.

Dan SMK Kesehatan Purworejo, ungkap Nuryadin, merupakan satu dari tiga sekolah di Purworejo yang sudah ditunjuk oleh Dinas Pendidikan provinsi, sebagai bagian dari tim penanggulangan bencana di Kabupaten Purworejo.

“Ada tiga tugas dari tim satgas ini,” kata Nuryadin.

Satgas ini memiliki tugas, menetapkan dan melaksanakan rencana operasional pencegahan Covid-19 di lingkungan sekolah, menyusun strategi edukasi bagi warga sekolah guna memutuskan penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah, serta meningkatkan penerapan prosedur Covid-19 di lingkungan sekolah.

“Prosedur sudah ditetapkan pemerintah. Namun yang terjadi, disiplinnya kurang. Nah, salah satu tugas dari tim ini mengingatkan agar prosedur dijalankan dengan tapat. Bulan Januari 2021, tim sudah bisa menjalankan tugasnya,” kata Nuryadin.

Terpisah, Dwi Agung Purwadi mengungkapkan pihak puskesmas sangat berterima kasih sekali, dengan adanya tim Satgas Penanggulangan Covid-19 SMK Kesehatan Purworejo.

“Dengan adanya tim ini, akan membantu Puskesmas dalam mengedukasi masyarakat, khususnya dalam penanggulangan Covid-19. Minimal, di lingkup keluarga,” ujar Dwi Agung. (Jon)