Tim BAYU Beri Waktu 3×24 Jam Bagi Pihak yang Sebarkan Black Campaign untuk Klarifikasi

    


Tim Pemenangan BAYU saat menggelar konferensi pers, Rabu (08/10/2020) malam di Posko Pemenangan BAYU, jalan Brigjen Katamso, Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Tim Pemenangan paslon BAYU (Bastian-Yuli) di Pilkada Purworejo 2020, berikan waktu 3×24 jam bagi pihak-pihak yang diduga telah menyebarkan black campaign dan negatif campaign, untuk melakukan klarifikasi.

Jika dalam waktu yang sudah ditentukan tersebut tak ada klarifikasi, maka Tim BAYU akan memproses kasus tersebut sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Pernyataan sikap tersebut disampaikan Kelik Susilo Ardani, selaku Ketua Tim Pemenangan BAYU, Rabu (08/10/2020) malam di Posko Pemenangan BAYU, jalan Brigjen Katamso, Purworejo.

Pernyataan sikap disampaikan, menanggapi adanya unggahan video di group Facebook BPT (Berita Purworejo Ter-update) oleh akun Facebook berinisial PM, yang diunggah pada hari Rabu (30/09/2020).

“Menurut kami, video tersebut bermuatan ujaran kebencian, penghasutan, mendeskreditkan dan merugikan calon nomor urut 3 yang kami usung. Bahkan video tersebut telah menyebar melalui media WhatsApp,” ungkap Kelik dalam jumpa persnya.

Kelik, yang didampingi anggota tim pemenangan lainnya menjelaskan, dengan beredarnya video tersebut, dari Tim Pemenangan BAYU2020 merasa sangat tidak nyaman dan terganggu.

Berdasarkan kajian dari tim hukum dan advokasi BAYU 2020, pembuatan dan penyebaran video tersebut sudah mengarah pada perbuatan melawan hukum, mengarah kepada black campign dan negatif campign.

“Berdasarkan hal itulah, kami atas nama Tim Pemenangan BAYU 2020 menghimbau kepada pihak-pihak yang membuat, menyanyikan dan/atau meng-upload video tersebut, mempunyai itikad baik untuk melakukan klarifikasi kepada Tim Pemenangan BAYU 2020,” kata Kelik menegaskan.

Dari Tim Pemenangan BAYU juga menghimbau kepada semua pihak untuk senantiasa menjaga kondusivitas Kabupaten Purworejo, dalam menjalankan proses demokrasi PILKADA 2020.

“Tentunya dengan tetap mengedepankan kampanye dengan cara-cara yang baik dan saling hormat menghormati,” pungkas Kelik. (Jon)