Siswa MA An Nawawi Berjan Purworejo Ikuti Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran

    


Siswa MA An Nawawi Berjan Purworejo saat mengikuti simulasi dalam Pelatihan Pemadam Kebakaran, Rabu (25/05/2022), hasil kerja sama dengan Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bekerjasama dengan Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo, MA An Nawawi Berjan Purworejo mengadakan Pelatihan dan Simulasi Pemadam Kebakaran, Rabu (25/05/2022).

Kegiatan yang diikuti oleh 60 siswa, yang merupakan perwakilan dari kelas X dan XI ini, peserta diberikan materi secara teori dan praktek (simulasi).

Pelatihan secara resmi dibuka oleh Waka Humas Agus Subagyo, M.SI, mewakili Kepala MA An Nawawi Berjan, H. Sahlan, S.Ag, M.SI, dengan menghadirkan narasumber dari Kantor Satpol PP Damkar yang diketuai Kabid Damkar Tejo Iskandar, S.Sos.

Dijelaskan oleh Catur Wulandari, S.Pd, selaku Ketua Panitia kegiatan, pelatihan dan simulasi pemadam kebakaran tersebut merupakan tindak lanjut dari MoU antara MA An Nawawi Berjan Purworejo dengan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo beberapa waktu sebelumnya.

“Bagi Damkar sendiri, pelatihan di sekolah-sekolah merupakan program kerja. Jadwal semula pelatihan dilaksanakan 25 Maret 2022, tapi karena saat itu ada kunjungan Presiden Jokowi, pelatihan baru bisa dilaksanakan hari ini,” jelas Catur.

Menurutnya, dalam penyampaian materi secara teori, siswa diberi pengetahuan tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran, dimulai dari pengertian kebakaran, penyebab kebakaran, serta bahaya dampak kebakaran dan teori-teori cara pemadaman kebakaran termasuk bagaimana cara penggunaan Apar (alat pemadaman api ringan), bagaimana memadamkan api dengan kain goni atau dengan cara tradisional.

“Setelah penyampaian materi selesai anak-anak diberikan edukasi secara langsung dengan praktik di lapangan. Untuk praktek atau simulasi, diikuti oleh warga sekolah dan pondok, sehingga semuanya dapat edukasi tentang pemadam kebakaran ini,” kata Catur.

Harapannya dengan pelatihan ini, menurut Catur, anak-anak bisa mengerti bahwa dalam pemadam kebakaran ini tidak hanya dipahami secara ilmu saja tapi juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

“Supaya ketika di rumah/lingkungan ditemukan tanda-tanda bahaya kebakaran bisa diatasi sedini mungkin,” pungkas Catur, sambil menyebutkan no telpon yang bisa dihubungi jika terjadi kebakaran di
Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo (0275) 324219/113 dan 082136331113. (Jon)