Ribuan Pesepeda dari 30 Negara Ikuti GFNY di Bali

    


Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (kiri) bersama Kapolda Bali Irjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra (tengah) memeriahkan event road bike Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia, Minggu, 7 Agustus 2022 - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – 1.900 peserta dari 30 negara mengikuti ajang road bike Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia, Minggu, 7 Agustus 2022. Acara dilepas oleh Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati.

Event sport tourism yang melibatkan pebalap profesional dan masyarakat umum ini, membagi kejuaraan dalam dua jarak tempuh yaitu long sejauh 137 km dan medium 102 km. Rute melewati pesisir pantai dan area gunung wilayah Bali Timur.

“Ini hebat dan luar biasa, selamat untuk jajaran panitia dan juga peserta yang begitu antusias mengikuti kegiatan ini,” kata Cok Ace.

Event GFNY sebelumnya ditiadakan karena pandemi covid-19. Cok Ace menyampaikan terima kasih kepada pihak panitia yang begitu semangat mempersiapkan ajang ini sehingga menarik banyak peserta.

Menurut Wagub, dengan rute spot wisata yang dilalui, dirinya meyakini peserta akan mengambil foto dan diupload di media sosial masing-masing. Hal itu memberikan dampak positif promosi pariwisata Bali.

“Ini sangat baik untuk upaya pemulihan ekonomi dan juga efektif untuk promosi pariwisata. Karena potensi menonjol yang dimiliki Bali adalah keindahan alam dan budaya,” kata Cok Ace.

GFNY merupakan seri marathon olahraga sepeda berskala Internasional yang diadakan di 19 negara, dengan total 30.000 peserta setiap tahunnya. Event dunia itu menjadi kejuaraan regional di beberapa negara dan kejuaraan dunia di New York, Amerika Serikat.

GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016.

Peserta berasal dari seluruh Indonesia dan mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Inggris, Prancis, Italia, maupin AS.

Peserta terbaik di ajang GNFY Bali 2022 akan diberangkatkan ke New York AS untuk mengikuti World Championship tahun 2023.

Pelepasan peserta GNFY Bali 2022 dihadiri oleh, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Sekjen PB ISSI) Parama Nugroho dan Direktur Poltekpar Bali, Ida Bagus Putu Puja.

Kapolda Bali Irjen. Pol. Putu Jayan Danu Putra, Wakapolda Bali Brigjen. Pol. I Ketut Suardana, beserta sejumlah pejabat Mabes Polri turut memeriahkan ajang tersebut. (Way)