Puluhan Siswa Sekolah di Gianyar Ikuti Pelatihan Pramuka Saka Wira Kartika

    


25 siswa dan siswi peserta latihan Pramuka Saka Wira Kartika yang berasal dari berbagai sekolah menengah di Kabupaten Gianyar, mengikuti latihan kepramukaan di Markas Kodim 1616/ Gianyar, Jumat (05/06/2020) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – 25 siswa dan siswi peserta latihan Pramuka Saka Wira Kartika yang berasal dari berbagai sekolah menengah di Kabupaten Gianyar, mengikuti latihan kepramukaan di Markas Kodim 1616/ Gianyar, Jumat (05/06/2020).

Dalam pelatihan tersebut, peserta dibekali dengan materi 5 Krida antara lain, Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat, dan Krida Penanggulangan Bencana Alam.

Panca Krida merupakan program pelatihan dari Saka Wira Kartika. Tema yang diangkat dalam pelatihan itu yakni, ‘Membentuk Pramuka Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Kodim 1616/Gianyar Berupaya Membentuk Anggota Pramuka Yang Memiliki Disiplin Tinggi dan Memiliki Pengetahuan serta Kemampuan Sebagai Pramuka Yang handal’.

“Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini dilaksanakan sesuai program pada Semester I TA 2020. Sasarannya mewujudkan generasi muda yang memiliki keterampilan sesuai Krida Saka Wira Kartika serta memiliki pengetahuan dan kesadaran dalam membela negara,” jelas Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf I Wayan Sudana selaku Ketua Harian Saka Wira Kartika.

Sementara, Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro menjelaskan, salah satu program TNI AD adalah menyiapkan dan mencetak generasi penerus bangsa yang kuat, unggul dan memiliki wawasan kebangsaan.

“Pelatihan, pembinaan dan pengorganisasian melalui Pramuka Saka Wira Kartika, menjadi salah wadah untuk membentuk generasi muda yang unggul dan berkarakter,” ungkap Dandim.

Ditambahkan, banyak manfaat yang diperoleh generasi muda saat bergabung dengan Pramuka Saka Wira Kartika.

“Suatu saat nanti generasi ini bisa menjadi pemimpin yang bermental kuat, pemberani serta memiliki jiwa kesatria,” kata Frandi Siboro. (*)