Pertandingkan 11 Cabor, Popda Tingkat Kecamatan Bayan Resmi Dimulai

oleh
Upacara seremonial pembukaan Gebyar Popda Tingkat Kecamatan Bayan 2023, Senin (30/01/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Popda (Pekan Olahraga Pelajar) tingkat Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, resmi dimulai. Secara seremonial, Camat Bayan Dwi Cahyono Hadi Saputro, S.I.P. resmi membuka ‘Gebyar Popda 2023 Kecamatan Bayan’, Senin (30/01/2023).

Pembukaan Popda ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Camat Bayan, dan pelepasan balon ke udara oleh Paryono, S.Pd., Korwilcambidik Bayan dalam sebuah upacara. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolsek Bayan dan Danramil Bayan, serta segenap tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Bayan menyampaikan, bahwa kegiatan olahraga merupakan kebutuhan bagi tubuh. Dengan semangat men sana in corpore sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, Camat Bayan meminta untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

“Oleh karena itu, dengan ajang Popda ini mari kita jadikan sebagai salah satu kegiatan untuk membentuk tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat, sehingga menumbuhkembangkan generasi yang sehat dan kuat,” kata Camat Bayan.

Dia juga menjelaskan, Popda di Kabupaten Purworejo ada 23 cabang olahraga yang dilombakan. Kegiatan ini dimulai tanggal 20 Februari 2023 hingga 5 Maret 2023. Diharapkan, para atlit bisa mengikuti dengan baik dan maksimal. Dan hal ini, tentu atas bimbingan dari para pelatih dan guru olahraga.

“Selamat berlomba untuk meraih prestasi yang terbaik dan membawa nama baik tingkat Kecamatan Bayan,” ujar Camat Bayan.

Dalam kesempatan tersebut Korwilcambidik Bayan berharap, atlet-atlet dari Kecamatan Bayan berharap bisa berbicara di tingkat kabupaten.

Dalam laporannya, Samingan selaku Ketua Pelaksana menjelaskan, tujuan dari diadakannya Popda tingkat Kecamatan Bayan ini dalam rangka untuk mencari bibit atlit pelajar yang ada di Kecamatan Bayan.

“Juga untuk mempererat tali persaudaraan antar pelajar se Kecamatan Bayan serta menumbuhkan dan memupuk jiwa bersaing yang sportif,” jelas Samingan.

Dalam kegiatan ini, kata Samingan, pihaknya mengadakan seleksi cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Popda, TC cabang olahraga yang dikirim ke tingkat Kabupaten Purworejo serta pengiriman atlit Popda ke tingkat Kabupaten Purworejo.

Menurut Samingan, kegiatan Popda tingkat Kecamatan Bayan ini dilaksanakan tanggal 30 Januari 2023 hingga 8 Februari 2023. Ada 11 cabor yang dipertandingkan dalam event ini, yakni, sepakbola, bola voli, atletik, sepak takraw, bulu tangkis, tenis meja, catur, renang, tekwondo, pencak silat dan panahan. 280 atlet dari 26 SD dan MI se Kecamatan Bayan, ikut dalam Popda ini.

“Dari atlet peraih juara 1 dari masing-masing cabor ini, akan maju ke tingkat Kabupaten Purworejo mewakili Kecamatan Bayan,” terang Samingan.

Dalam pembukaan Popda Tingkat Kecamatan Bayan bertema ‘Sportif Meraih Prestasi’ ini, dimeriahkan dengan pementasan Drumband SDIT Darussalam, Bandung kidul, Drumband SDN Grantung, Marching Band Satria Gita Mandala SDN 2 Sucenjurutengah dan Drumband SDN 1 Sucenjurutengah. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News