Dari 7 Festival Alkohol di Dunia, Hari Arak Bali Punya Ciri Khas Sendiri

oleh
Sejumlah UMKM dan petani arak Bali menghadiri perayaan perdana Hari Arak Bali yang jatuh setiap 29 Januari - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dengan ditetapkannya Arak Bali sebagai minuman beralkohol (Mikol) legal yang dapat diproduksi dan dipasarkan hingga luar negeri, levelnya sejajar dengan mikol lain seperti, Soju Korea, Sake Jepang maupun mikol impor lainnya.

Sejumlah negara dengan Mikol khas tersebut juga memiliki tradisi festival setiap tahun. Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, Hari Arak Bali setiap 29 Januari, bukan meniru festival alkohol di mancanegara.

“Artinya kalau kita di Bali merayakan hari Arak Bali bukan sesuatu yang aneh, karena di negara lain yang memiliki minuman khas alkohol, itu memang menyelenggarakan acara seperti festival,” kata Koster dalam perayaan perdana Hari Arak Bali, Minggu, 29 Januari 2023.

Menurutnya, Hari Arak Bali merupakan momentum meningkatkan kesadaran kolektif untuk mengangkat nilai dan harkat Arak Bali.

“Produk arak Bali telah mendapat ijin edar dari Badan POM dan telah mendapat pita cukai. Hal ini menunjukkan (Arak Bali) telah mendapat pengakuan dan legalitas dari lembaga negara,” ujar Gubernur.

Gubernur Bali Wayan Koster - foto: Koranjuri.com
Gubernur Bali Wayan Koster – foto: Koranjuri.com

Sejumlah negara yang memiliki minuman khas beralkohol menyelenggarakan festival setiap tahun dengan cara bervariasi. Berikut 7 Festival alkohol yang diselenggarakan oleh sejumlah negara.

1. Oktober Fest di Jerman
Merupakan festival alkohol terbesar dan terkenal di dunia. Setiap tahun selama 18 hari jutaan orang berkumpul di jalanan Munich Jerman untuk minum bir diikuti dengan karnaval dan parade. Festival dilaksanakan pada 21 September-6 Oktober 2019.

2. London Cocktail Week
Merupakan festival dimana para pengunjung mencicipi ragam racikan cocktail yang spektakuler dari para masternya. Festival ini dilaksanakan dari 4-13 Oktober 2019 di London.

3. Kentucky Bourbon Festival
Festival ini dilaksanakan setiap tahun selama seminggu ketika musim gugur, diisi dengan cara menikmati Bourbon atau whiskey khas Amerika, yang merupakan minuman kebanggan Bourbon, Kentucky. Festival ini dilaksanakan pada 6-22 September 2019. Selain pesta minum, festival juga diisi dengan dansa, perlombaan dan rangkaian permainan.

4. Wine Fight
Merupakan festival tahunan yang diadakan di Haro, Spanyol, yang diadakan pada 29-30 Juni 2019. Festival ini sangat digemari oleh kawula muda selama 2 hari. Para pengunjung berpesta pora dengan saling ‘berperang’ dan menyiramkan wine ke peserta lainnya.

5. Great American Beer Festival
Diadakan di Denver, Colorado, Amerika Serikat pada 3-5 Oktober 2019. Pada pesta ini para pengunjung ragam bir dan perlombaan pilihan kategori bir Amerika Serikat, presentasi bir dan edukasi tentang bir.

6. Great British Beer Festival
Festival ini diadakan pada 6-10 Agustus 2019 di London. Festival ini diisi acara minum beragam bir dan mencicipi aneka kuliner.

7. Northwest Tequila and Agave Spirits Festival
Diadakan pada 28 September 2019 di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Acara diisi dengan kompetisi cocktail, seminar tentang cocktail dan melihat Tequila terbaik di dunia yang dipamerkan di Seattle. (Way)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS

KORANJURI.com di Google News