Perayaan Hari Kasih Sayang Dresta Bali Digelar Serentak Hari Ini

    


Yudisium di Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra yang dirangkai dengan perayaan Hari Tresna Asih Dresta Bali - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Perayaan Tumpek Krulut atau hari Tresna Asih dilaksanakan secara serentak di seluruh Bali, Sabtu, 23 Juli 2022. Hari kasih sayang dalam tradisi Bali ini kali pertama digelar di Pulau Dewata.

Rahina Tumpek Krulut diadakan secara sakala dan niskala secara fisik melalui perayaan dan persembahyangan di pura di tingkat keluarga, sekolah hingga di Pura inti di Pura Besakih.

Puncak Perayaan Rahina Tumpek Krulut Pemprov Bali akan digelar pada tanggal 23 Juli 2022 mulai jam 19.00 WITA bertempat di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali.

BACA JUGA
Gubernur Canangkan Tumpek Krulut, Hari Kasih Sayang dalam Tradisi Budaya Bali

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, tata cara pelaksanaan Rahina Tumpek Krulut secara sakala dan niskala diatur melalui Instruksi Gubernur Bali Nomor 08 Tahun 2022.

“Secara sakala dilakukan dengan berbagai kegiatan secara bersama-sama dalam untuk menunjukkan kepedulian terhadap keluarga, teman, saudara dan sesama,” kata Gubernur Bali Wayan Koster, Sabtu, 23 Juli 2022.

Pada Rahina Tumpek Krulut, kata Koster, manusia wajib membangkitkan kesadaran bahwa dalam hidup kita harus saling mengasihi, saling menyayangi, memupuk persaudaraan. Hal ini dapat dilakukan dengan aktivitas kebersamaan dalam berbagai bidang.

Dalam pelaksanaannya, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Universitas Dwijendra Drs. I Wayan Kotaniartha, SH menjabarkan bahwa Hari Tresna Asih Dresta Bali bersifat universal, dan bukan hanya bersifat personal dalam hubungan asmara.

Cinta kasih yang universal akan melahirkan ketentraman dan kedamaian dalam kehidupan yang dijalani umat manusia. Pada Rahina Tumpek Krulut, umat Hindu Bali memuja Dewa Iswara dalam manifestasinya sebagai Dewa Keindahan.

BACA JUGA
Gubernur Instruksikan Hari Kasih Sayang Dresta Bali Digelar Serentak secara Sakala dan Niskala

“Tresna Asih ini sifatnya sangat luas dan universal, dengan mewujudkan Tresna Asih kita akan mendapatkan kebahagiaan lahir bathin dalam menjalani roda kehidupan,” kata Wayan Kotaniartha.

Puncak Perayaan Rahina Tumpek Krulut Pemprov Bali akan digelar pada 23 Juli 2022 mulai pukul 19.00 WITA di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya Provinsi Bali.

Pada puncak perayaan itu, Gubernur Bali akan memberi hadiah sepeda listrik kepada siswa berprestasi tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK, serta sepeda motor listrik kepada mahasiswa berprestasi. Selain itu Gubernur juga akan memberi sertifikat kepada 200 Sanggar Seni yang ada di Bali. (Way)