Pemkab Gianyarkan Anggarkan Rp 18 M untuk Lampu Penerangan

    


Suasana lampu penerangan jalan di depan Alun-alun Gianyar, Kamis (17/12/2020) - foto: Catur/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dishub Gianyar menganggarkan Rp 18 milyar untuk operasional lampu penerangan jalan (LPJ). Kebutuhan penerangan itu mencakup 64 desa, 6 kelurahan termasuk wilayah Kota Gianyar. Dana ini mencakup operasional LPJ dan pemeliharaan selama Tahun 2021.

Kadishub Gianyar, I Wayan Suamba mengatakan, saat ini sedang diinput anggaran untuk pembiayaan LPJ tersebut.

“Secara umum dari APBD untuk operasional LPJ sebesar Rp 18 miliar, ini mencakup LPJ di seruh Gianyar,” jelas Suamba, 17 Desember 2020.

Suamba mengatakan, LPJ untuk 6.000 titik, termasuk LPJ taman Kota Gianyar. Sedangkan biaya rutin pemeliharaan tercover dengan plot anggaran berbeda.
Khusus untuk LPJ di Kota Gianyar, LPJ yang lama dicabut dan diganti dengan LPJ yang baru.

“Saat ini rekanan sedang mengerjakannya, termasuk memasang instalasi. Saya yakin sebelum akhir tahun pemasangan sudah tuntas,” jelasnya lagi.

Dijelaskan lagi, instalasi listrik di Alun-alun Gianyar dan depan Pasar Gianyar nanti kabel listriknya akan di tanam. Pemkab Gianyar berkeinginan agar seluruh kabel PLN dan jaringan telpon di Kota Gianyar tertanam, sehingga tidak mengganggu pemandangan.

“Namun penanaman kabel ini dilaksanakan bertahap, sementara di alun-alun dan depan Pasar Gianyar saja,” jelasnya. (ning)