Pemerintah Segera Salurkan Bantuan Rehab Rumah Warga Akibat Badai Seroja

    


Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu melakukan pemantauan penyaluran bahan kebutuhan pokok di Kecamatan Rote Barat Daya dan Kecamatan Loaholu, Rabu, 14 April 2021 - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Pemerintah akan mengganti rumah warga yang rusak akibat bencana Siklon Tropis Seroja di wilayah NTT. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, bantuan disesuaikan dengan kerusakan bangunan maupun rumah tinggal.

Kerusakan berat akan mendapatkan bantuan senilai Rp 50 juta, rusak sedang Rp 25 juta dan rusak ringan Rp 10 juta. Warga yang kehilangan tempat tinggal, untuk sementara dibantu biaya kontrak Rp 500 ribu.

“Sambil menunggu rumahnya dikerjakan oleh Pemerintah Pusat, masyarakat perlu bersabar karena masih dalam pendataan,” kata Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Rabu, 14 April 2021.

Dikatakan Paulina, pemerintah juga akan mengganti biaya perbaikan rumah bagi warga yang sudah melakukan perbaikan kembali.

Bantuan untuk korban banjir bandang akibat badai tropis Seroja terus mengalir melalui posko yang didirikan di sejumlah lokasi. Per 10 April tercatat Rp 500 juta sumbangan BNPB RI dan Rp 100 juta dari Bank NTT.

“Dari BNPB akan ditransfer ke rekening posko, selanjutnya digunakan sesuai mekanismenya,” kata Paulina.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu melakukan pemantauan penyaluran bahan kebutuhan pokok di Kecamatan Rote Barat Daya dan Kecamatan Loaholu.

“Bantuan lainnya masih menunggu pendataan yang masih dilakukan Satgas, pemerintah desa, dan kecamatan,” kata Paulina. (Zak)