MRSF, Bangkitkan Kesadaran Aman di Jalan untuk Generasi Milenial

    


Foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Program Nasional Millennial Road Safety Festival (MRSF) digelar hingga ke tingkat daerah. MRSF bukan merupakan serimonial biasa. Namun bertujuan untuk mengingatkan kepada kaum muda agar selalu tertib dalam berkendaraan

“Jadikan keselamatan hal yang utama,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusuf.

Data dari Mabes Polri menunjukkan, kecelakaan lalu lintas didominasi kaum muda berusia 15-35 tahun. Padahal, dikatakan Dirlantas, pemuda adalah generasi yang kelak jadi pemimpin.

“Tapi seandainya korban kecelakaan yang berakibat fatal seperti cacat atau bahkan sampai meninggal dunia berarti kita kehilangan aset bangsa,” jelasnya.

Untuk menekan upaya kecelakaan lalu lintas dengan korban generasi muda, kepolisian terus membuat langkah efektif. Dengan demikian, jumlah korban dapat diminimalisir. Semua tergantung pada diri sendiri.

Sementara itu, data WHO dan PBB menunjukkan angka kecelakaan lalu lintas berada di urutan ke-5 dunia paling banyak yang menyebabkan manusia meninggal dunia. Disamping itu, amanat UU No. 22 Tahun 2009 pasal 203 menyebutkan, pemerintah bertanggung jawab atas terjaminnya keselamatan lalu lintas angkutan jalan.

Program Road Safety pun juga dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2015 sampai 2019 berdasarkan PERPRES No. 2 tahun 2015.

Millennial Road Safety Festival 2019 diselenggarakan serentak di 34 provinsi, termasuk DKI Jakarta yang dimulai dari tanggal 1 Februari 2019 sampai 31 Maret 2019.

Ada banyak jenis kegiatan yang diselenggarakan di dalam Millennial Road Safety Festival 2019, salah satunya adalah perlombaan.

Ada 6 kategori kegiatan yang diperlombakan pada Millenial Road Safety 2019. Perlombaan tersebut adalah pembuatan vlog, pembuatan blog, fotografi, desain poster, jingle competition, video pendek, dan mural competition.

Wilayah DKI Jakarta, pendaftaran perlombaan dimulai dari tanggal 1 Februari 2019 dan ditutup pada 10 Maret 2019 yang dibuka untuk umum dan gratis.

“Acara puncak digelar Minggu, 31 Maret 2019 di Monas yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Dalam acara puncak itu, akan ditampikan karya-karya yang telah dibuat oleh peserta dari 6 cabang lomba,” jelas AKP Reza. (Bob)







    




News

BERITA PILIHAN

    

Kembali ke Atas