Mencerdaskan Anak Bangsa di Tapal Batas RI-Timor Leste

    


Bersama warga, Yonif Mekanis 741/GN ditugaskan sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat dengan wilayah meliputi Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Perpustakaan menjadi sarana yang sangat langka untuk anak-anak di daerah perbatasan RI-Timor Leste. Melihat kondisi itu, Satgas Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara yang diberangkatkan dari Bali, menginisiasi perpustakaan keliling.

Sejak bertugas di pertengahan November 2018 lalu, perpustakaan keliling itu selalu diadakan secara rutin dan menjangkau wilayah pelosok.

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G. menjelaskan, para prajurit yang bertugas mendatangi sekolah-sekolah sampai ke wilayah perbatasan seperti SMA Negeri 1 Eban yang berada di Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara.

“Kegiatan ini merupakan terobosan baru yang sangat bermanfaat dalam membantu proses pembelajaran para peserta didik di wilayah perbatasan,” jelas Kapendam Udayana, Selasa 12 Februari 2019.

Selain itu, Satgas yang bertugas juga terlibat dalam memberikan pelajaran membaca kepada orangtua yang buta huruf.

“Prinsipnya tidak ada kata terlambat untuk belajar,” jelas Kapendam.

Yonif Mekanis 741/GN ditugaskan sebagai Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat dengan wilayah meliputi Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (*)/