Melalui LDK, SMPN 25 Purworejo Bentuk Siswa Berkarakter dan Berjiwa Kepemimpinan

    


Peserta LDK SMPN 25 Purworejo saat mengikuti latihan Peraturan Baris Berbaris dari Koramil Loano, Selasa (17/01/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – SMPN 25 Purworejo menggelar LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan), yang diselenggarakan selama tiga hari, dari Senin (16/01/2023) hingga Rabu (18/01/2023).

Diikuti 81 siswa terdiri dari para pengurus OSIS, Majelis Perwakilan Kelas (MPK) serta Dewan Penggalang Pramuka, LDK dibuka secara resmi oleh Kepala SMPN 25 Purworejo, Betty Indah Daluliyah, S.Pd., M.M.Pd.

Dijelaskan oleh Waka Kesiswaan Panji Irawan, S.Pd., beragam materi disampaikan selama LDK. Pada hari pertama, materi tentang Kepemimpinan disampaikan oleh Kepala SMPN 25 Purworejo. Dilanjutkan dengan materi Remaja dan Permasalahannya oleh staf Waka Kesiswaan sekaligus guru BK, Ratna Maiyanti, M.Pd., serta Kedisiplinan dari Waka Kesiswaan.

“Untuk hari kedua dan ketiga tentang Peraturan Baris Berbaris serta Tata Upacara Bendera, diisi oleh Koramil Loano,” jelas Panji.

Pada saat istirahat siang, diisi dengan kegiatan makan bersama. Jadi, siswa dibagi menjadi 8 kelompok, tiap kelompok diberikan makanan dalam satu wadah. Siswa dalam kelompok wajib menghabiskan makanan. Selain itu, ada tata cara dalam duduk dan makan.

“Tujuannya untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekompakan siswa,” kata Panji.

Dijelaskan pula oleh Panji, tujuan dari kegiatan LDK ini untuk membentuk dan membangkitkan karakter siswa dan jiwa kepemimpinan.

Anak-anak yang diikutkan dalam LDK, kata Panji, merupakan role model atau contoh bagi siswa-siswa lain, sehingga dengan diberikan bekal seperti ini akan menularkan atau memberikan semacam energi positif berupa kepemimpinan, kedisiplinan dan juga karakter kepada siswa SMPN 25 Purworejo lainnya.

“Untuk pengurus OSIS yang ikut dalam LDK ini merupakan hasil pemilihan pada semester 1 melalui program P5, tentang Suara Demokrasi yang diikuti 6 calon Ketua OSIS,” ungkap Panji.

Menurutnya, dalam pemilihan Ketua OSIS tersebut, diikuti semua warga sekolah. Namun sebelum pemilihan dilakukan, ada rangkaian tahapan yang dilalui, dari pendaftaran calon maupun penyampaian visi misi.

“LDK ini merupakan agenda rutin tahunan dan program dari Kesiswaan,” terang Panji.

Peserta LDK SMPN 25 Purworejo foto bersama Instruktur dari Koramil Loano dan guru pembimbing - foto: Koranjuri.com

Peserta LDK SMPN 25 Purworejo foto bersama Instruktur dari Koramil Loano dan guru pembimbing – foto: Koranjuri.com

Terpisah, Kepala SMPN 25 Purworejo Betty Indah Daluliyah, S.Pd., M.M.Pd., menyebut, dengan LDK ini, ke 81 anak ini akan digunakan untuk Pioneer. Sehingga mereka bisa dipakai untuk mewakili kesiswaan dalam menertibkan siswa.

“Kedepannya biar anak-anak disiplin. Sehingga menjadikan guru mengajar enak dan ketika dikasih materi masuk,” pungkas Betty. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS