Dandim Tigaraksa: Sasaran Fisik TMMD Melalui Penelitian Lama

    


Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Ruang Rapat Kantor Pemda Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (2/7/19) - foto: Bob/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Dandim 0510/Tigaraksa Letkol Inf Parada Warta Nusantara Tampubolon mengatakan, sebelum penentuan sasaran fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), ada tim yang melakukan penelitian yang cukup lama.

“Hasil dari tim assessment atau penilaian disimpulkan Jalan Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo disepakati jadi sasaran TMMD ke-105 di Kodim Tigaraksa,” ujar Dandim.

Dandim juga bertugas sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD. Dikatakan, Jalan Blukbuk merupakan jalur transportasi penting dan melintasi empat desa yang perlu ditingkatkan mutunya.

“Jalan itu diperbaiki pada tahun 1994 dengan paving block, saat ini kondisinya sebagian besar sudah hancur. Padahal merupakan akses penting jalur ekonomi karena menghubungkan empat desa sekaligus,” tambahnya.

Disamping sasaran fisik berupa pengecoran jalan sepanjang 1.130 meter dan pembuatan turap di Desa Blukbuk RT.03 RW.04, ada sejumlah sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat di Kabupaten Tangerang.

“Ada juga penyuluhan dari TNI, Polri, BNN, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Koperasi dan UKM, Dinas Pertanian dan Tokoh Agama,” lanjut

Dalam kegiatan itu, TNI juga akan berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi sebagai tenaga penyuluh kepada kalangan pelajar dan masyarakat.

“Ada 21 sekolah yang menjadi obyek penyuluhan dan sudah ada 6 Kampus yang siap membantu sebagai tenaga penyuluh,” jelasnya.

150 anggota Satgas TMMD yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU dan Polri, selama satu bulan akan bermalam di rumah warga di lokasi.

“Sebagai bentuk Kemanunggalan TNI-Rakyat, anggota Satgas nanti akan tinggal menyebar di rumah-rumah warga. Mereka akan memasak dan dinikmati bersama warga di rumah yang ditinggali. Sejauh ini sudah ada 15 rumah warga yang siap untuk ditinggali bersama anggota Satgas,” terangnya demikian.

Kodam Jaya/Jayakarta menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di Ruang Rapat Kantor Pemda Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (2/7/19).

Rakornis ini dipimpin Asisten Teritorial (Aster) Kasdam Jaya Kolonel Inf Jacky Ariestanto. (Bob)