Cafe on The Bus, Wisata Unik Angkat UMKM Purworejo

    


Suasana dalam Cafe on The Bus, paket wisata unik yang kini tengah dikembangkan PDAU Kabupaten Purworejo - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Paket wisata unik ini, bernama Cafe on The Bus. Sesuai namanya, yang artinya kafe di dalam bus, dalam bus wisata ini tempat duduknya dirubah dan disulap sedemikian rupa, sehingga mirip cafe.

Dalam Cafe on The Bus, seolah-olah piknik naik bus, tapi serasa di cafe. Paket wisata unik inilah, yang kini tengah dikembangkan Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kabupaten Purworejo, bekerja sama dengan Nagara Tour.

“Pool bus ini ada di showroom UMKM, jalan Urip Sumoharjo, Purworejo, depan kantor KPU,” jelas Direktur PDAU Kabupaten Purworejo, Didik Prasetya Adi, Selasa (25/08/2020).

Di dalam Cafe on The Bus ini, kata Didik, wisatawan akan dijamu dengan suguhan kopi dan snack produk UMKM Purworejo.

Dengan pool di showroom UMKM, diharapkan para penumpang sebelum naik bus atau sebaliknya, bisa berbelanja makanan ataupun souvernir produk UMKM.

Dengan begitu, ujar Didik, akan terjadi peningkatan ekonomi dalam UMKM. Keberadaan pool bus dan showroom UMKM yang menjadi satu, menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan (penumpang).

“Kita akan bekerja sama dengan Dinas Pariwisata, supaya bus-bus wisata bisa singgah di showroom UMKM. Karena nantinya tempat ini akan dijadikan sebagai pusat jajan dan oleh-oleh khas Purworejo,” ungkap Didik.

Untuk menunjang itu semua, kata Didik, para tour leader akan dibekali dengan pengetahuan tentang heritage, maupun cerita tempat-tempat bersejarah di Purworejo yang dijadikan tempat wisata, sehingga bisa menarik wisatawan.

Untuk rute yang dilalui bus kafe ini, menurut Didik, pantai Jatimalang, pantai Glagah, dan Bandara YIA. Namun jika wisatawan menghendaki tujuan lain, hal itu bisa dilakukan.

Kata Didik, jadwal sementara keberangkatan, sehari dua kali, jam 11.00 WIB dan jam 17.00, dengan tarif promo saat ini Rp 60 ribu. Kapasitas penumpangnya 28 orang.

“Fasilitas yang diberikan, minuman kopi produk lokal dan snack produk UMKM,” terang Didik.

Bagi masyarakat yang ingin mencoba sensasi berwisata dengan Cafe on The Bus, bisa reservasi tiketnya di showroom UMKM. (Jon)