Bertemu Gibran, Warga Solo Utara Keluhkan Kondisi air Bersih

    


Bakal calon Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menggelar silaturahmi bersama sejumlah warga kampung Joglo - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Bakal Calon Walikota Solo 2020, Gibran Rakabuming Raka banyak mendengar keluhan warga terkait persoalan banjir dan minimnya pasokan air bersih di beberapa daerah di Kota Solo.

Hal ini terungkap saat putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut menggelar silaturahmi ke sejumlah warga di kampung kampung yang ada di kota Solo.

Salah satunya di kampung Joglo, Solo Utara, warga mengeluhkan banyaknya air sumur tidak layak konsumsi dan sulitnya memperoleh air bersih.

Ani warga RT 01, RW 07 Kampung Joglo mengeluhkan, banjir menyebabkan air sumur milik warga keruh sehingga tidak dapat dikonsumsi. Oleh karena itu kepada Gibran warga Joglo berharap persoalan banjir di Solo Utara dapat segera teratasi jika ia terpilih nanti.

Dikatakan warga, penyebab banjir di karenakan saluran drainase terlalu kecil, sehingga tidak kuat menampung kiriman air dari kampung lain yang notabene berada di dataran yang lebih tinggi dari kampung Joglo.

Untuk mengatasi banjir diperlukan sodetan drainase atau pembuatan embung sehingga air tidak meluap ke kampung kampung dan menyebabkan banjir. Persoalan ini oleh Gibran menjadi daftar inventarisasi utama keluhan warga yang harus segera ditindaklanjuti jika ia terpilih nanti.

Dikarenakan kebutuhan biaya pembangunan untuk mengatasi banjir sangat besar, sehingga sinergitas dengan pemerintah pusat harus di lakukan untuk mewujudkannya.

Selama silaturahmi bersama warga di kampung Joglo, Gibran juga menerima masukan warga perlunya sebuah ruang publik ramah anak di daerah Solo Utara. Warga mengakui sejak adanya tol trans Jawa, Solo Utara menjadi salah satu pintu masuk dari dan ke daerah lain non tol.

Akan tetapi kondisi ini rupanya tidak di respon dengan baik oleh Pemerintah Kota Solo, sehingga menimbulkan persoalan lain seperti macet, banjir dan lainya. (JK)