Berperan Cegah Covid-19, Pramuka Purworejo Diapresiasi Atiqoh Ganjar Pranowo

    


Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo, Pram Prasetyo Achmad, beserta sejumlah pengurus, saat mengikuti vicon, Selasa (9/6), dalam rangka Halal Bihalal Pramuka Kwarda dengan Kwarcab se Jawa Tengah - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Jawa Tengah, Siti Atiqoh Ganjar Pranowo mengapresiasi jajaran Pramuka Kwarcab Purworejo yang ikut berperan serta dalam pencegahan virus Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo, Pram Prasetyo Achmad, usai mengikuti kegiatan Halal Bihalal Pramuka Kwarda dengan Kwarcab se Jawa Tengah melalui Video Conference (Vicon), Selasa (9/6).

Dalam kegiatan vicon tersebut, Atiqoh Ganjar Pranowo mengawalinya dengan ucapan Selamat Idhul Fitri, yang dilanjutkan dengan uraian Halal Bihalal, dan disambung dialog antara Atiqoh dengan perwakilan Ketua Kwarcab per Koordinator wilayah.

Dalam vicon yang berlangsung di ruang Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Purworejo itu, juga dihadiri Waka Bidang Binamuda Soekoso DM, Waka Sarpras Sumharjono, Waka Humas Abdimas Muh Wuryanto, Waka Binawasa Titik Mintarsih, Sekretaris Piyani, dan serta sejumlah pengurus Kwarcab.

“Ketua Kwarda berharap, agar semua Kwarcab melakukan inovasi pencegahan Covid-19. Masing-masing kwarcab dalam berinovasi, sesuaikan dengan kebutuhan di daerahnya,” ujar Pram Prasetyo menyampaikan pesan Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Jateng.

Dijelaskan oleh Pram Prasetyo, saat ini Kwarda Jawa Tengah sedang menyusun petunjuk kegiatan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19, memasuki era new normal, utamanya kegiatan kepramukaan yang sesuai standar kesehatan pencegahan covid.

Menurut Pram Prasetyo, karena kondisi saat ini, dari Kwarcab Purworejo belum mengadakan kegiatan yang melibatkan berkumpulnya anggota.

“Karena kebanyakaan, kegiatan Pramuka pasti berinteraksi secara langsung, karena kegiatannya gotong-royong, saling bekerjasama antar anggota Pramuka, sehingga melibatkan banyak anggota,” jelas Pram Prasetyo.

Dijelaskan pula oleh Pram Prasetyo, terkait keuangan Kwarcab untuk penanganan Covid-19, dari Kwarcab Purworejo telah mengembalikan 40 persen anggaran Pramuka yang merupakan dana hibah APBD.

“Sudah sekitar Rp 270 juta uang yang kita kembalikan. Ini sebagai wujud komitmen Kwarcab ikut efisiensi anggaran untuk percepatan penanganan covid di Kabupaten Purworejo,” ujar Pram Prasetyo.

Sementara itu Soekoso menjelaskan, kegiatan Pramuka dalam turut pencegahan Covid-19, antara lain, ikut berkontribusi dalam pengepakan sembako yang jumlahnya mencapai ribuan paket sembako, pembagian masker, membantu petugas kesehatan di sejumlah posko, penyemprotan desinfektan, dan juga melibatkan Pramuka peduli. (Jon)