Bank Indonesia: Kinerja Penjualan Eceran di Bali Tumbuh Positif pada April 2022

    


Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya (kiri) bersama Kepala Perwakilan wilayah Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho meninjau pasar murah di Tabanan, Kamis (22/4/2021) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kinerja penjualan ritel Bali pada April 2022 tumbuh sebesar 0,596 (mtm). Kondisi itu didorong oleh meningkatnya aktifitas perekonomian di Bali.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho, mengatakan, kenaikan kinerja penjualan ritel di Bali bersumber dari penjualan beberapa kelompok barang peralatan informasi dan komunikasi, serta sandang.

“Kondisi ini didukung semakin tingginya mobilitas masyarakat dari dan menuju Bali dengan pelonggaran persyaratan perjalanan dalam negeri untuk semua moda transportasi,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho, Sabtu, 14 Mei 2022.

Trisno menyebut kinerja penjualan ritel di Provinsi Bali tetap kuat seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat dan persiapan hari besar keagamaan nasional (HBKN) Idul Fitri.

Peningkatan pendapatan sejalan dengan adanya pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) yang mendorong adanya kenaikan permintaan dari masyarakat.

“Kinerja positif penjualan eceran di Bali pada April 2022 tersebut selaras dengan kondisi nasional,” kata Trisno.

Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) nasional yang tumbuh sebesar 6,894 (mtm). Hal itu bersumber dari meningkatnya kinerja penjualan eceran pada makanan, minuman, dan tembakau serta sandang. (Way)