169 Siswa SMK Kesehatan Purworejo Ikuti Perkemahan Alih Golongan dan Bantara

    


Kepala SMK Kesehatan Purworejo, Nuryadin, S.Sos, M.Pd saat melantik alih golongan Pramuka, Rabu (02/12/2020) - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – 169 siswa SMK Kesehatan Purworejo dari kelas X, mengikuti perkemahan alih golongan dan Bantara selama dua hari, dari Rabu (02/12/2020) hingga Kamis (03/12/2020).

Perkemahan yang berlangsung di kampus 2 di gang Kemuning, Pangenjurutengah itu, dibuka oleh Waka Kesiswaan, Heni Ria Agustin, SPd, pada Rabu (02/12/2020) pagi.

Dijelaskan oleh Nuryadin, SSos, MPd, dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19, perkemahan yang rutin dilakukan setiap tahun itu dilaksanakan di sekolah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kegiatan perkemahan alih golongan dan Bantara memang bagian dari agenda sekolah. Mereka yang dari SMP masuk ke SLTA harus menjalani ini,” jelas Nuryadin, Rabu (02/12/2020).

Para peserta, kata Nuryadin, dibimbing oleh kakak kelasnya dari kelas XI dan Dewan Ambalan, yang sudah dilantik dan diberi pembekalan di Jurang Mulyo beberapa waktu sebelumnya. Mereka sudah ditraining dan dilantik, dan kini melakukan tugas pendampingan ke adik-adik kelasnya.

Nuryadin yang didampingi Abdul Haris Wiradi, SSos, selaku Ketua Pembina Pramuka mengungkapkan, selama perkemahan, siswa diberi materi SKU (Syarat Kecakapan Umum), baris-berbaris, dragbar, sandi-sandi, kekompakan tim, serta kreatifitas, oleh para pembina Pramuka .

“Rabu (02/12/2020) sore kita melantik alih golongan, dan Kamis (03/12/2020) dinihari, kita melantik Bantara,” terang Nuryadin.

Haris menambahkan, sebelum acara penutupan pada Kamis (03/12/2020), akan ada outbound, game, dan pemberian hadiah.

“Sebenarnya perkemahan ini terpisah. Tapi karena pandemi, akhirnya dijadikan satu selama dua hari satu malam,” pungkas Haris. (Jon)