Selamat HUT 76 Prajurit Jalasena, ‘Di Laut Kita Jaya’

    


Peringatan Hari Jadi Ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021 di Lapangan Arafuru Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Jumat (10/9/2021) - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Arsyad Abdullah, memimpin upacara peringatan Hari Jadi Ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021.

Kegiatan digelar secara sederhana di Lapangan Arafuru Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No. 67 Jakarta Pusat, Jumat (10/9/2021).

Amanat Kepala Staf AL Laksamana TNI Yudo Margono yang dibacakan Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah menerangkan bahwa, usia 76 merupakan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI AL.

TNI Angkatan Laut lahir dan berkembang mengikuti dinamika perubahan zaman untuk mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kendati di tahun 2021 ini kita masih dalam suasana pandemi covid-19, namun jiwa dan semangat kita sebagai prajurit jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik,” amanat Kasal AL Laksamana TNI Yudo Margono.

Sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara, TNI Angkatan Laut akan senantiasa mendukung setiap kebijakan pemerintah dalam menghadapi tantangan nyata saat ini.

Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Kekuatan armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri.

Yudo Margono mengatakan, konsep operational ready force atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata melalui indikator satuan operasi siap tempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan.

“Setiap resiko dan tantangan kita hadapi dengan tetap bersemangat dan penuh ketabahan, bahkan sebagian dari para prajurit patriot sejati telah gugur dan mendahului kita dalam melaksanakan tugas,” jelasnya.

Menurut Yudo, ketangguhan itu jadi kunci utama untuk bangkit kembali setelah pandemi. (Bob)