Samsat Purworejo Bentuk Tim Buru Penunggak Pajak

    


Kepala Bapenda Jateng, Tavip Supriyanto, didampingi Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong, saat meninjau kelengkapan cek fisik kendaraan bermotor, yang dilengkapi dengan hidrolik - foto: Sujono/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Samsat Purworejo, secara resmi melaunching Tim Bijak (Tim Buru dan Edukasi Wajib Pajak). Tim ini bertugas menagih wajib pajak yang menunggak pembayaran pajak kendaraannya.

Launching Tim Bijak ini, dilakukan Selasa (10/12), oleh Kepala Bapenda Jateng, Tavip Supriyanto. Selain Tim Bijak, dalam kesempatan tersebut juga dilaunching Simanja (Sistem Melayani Antar Jemput Bayar Pajak). Dengan program ini, wajib pajak tidak perlu datang ke titik-titik layanan Samsat, namun petugaslah yang akan datang ke desa-desa.

“Dalam kesempatan ini, kita juga meresmikan ruang cek fisik digital. Ini merupakan yang pertama di Jateng, dan menjadi pilot project. Kedepan, kita kembangkan untuk tiap UPPD,” jelas Tavip, usai peresmian.

Tavip, yang didampingi Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong dan Roedito Eka Suwarno, Kepala UPPD (Unit Pengelolaan Pendapatan Daerah) Kabupaten Purworejo, menjelaskan, peluncuran Simanja, sebagai bentuk pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan pembentukan Tim Bijak, diharapkan tingkat kepatuhan wajib pajak di Purworejo juga makin tinggi, serta ada peningkatan dalam pemasukan pajaknya,” ungkap Tavip

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Purworejo menjelaskan, dengan adanya ruang cek fisik digital, yang dilengkapi dengan hidrolik tersebut, tingkat keakuratan kepemilikan kendaraan bermotor akan lebih terjamin.

“Disini, memakai foto, yang langsung tercetak di lembar cek fisik. Jadi akan diketahui, apakah warna kendaraan sudah sesuai belum dengan BPKB. Jika tidak sesuai, maka diperlukan perubahan. Hal ini sangat berguna bagi masyarakat yang akan membeli kendaraan bekas,” jelas Kapolres Purworejo.

Acara peresmian ruang cek fisik dan launching Simanja dan Sibijak ini, juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, sejumlah pejabat Polda Jateng, para kepala UPPD se Jateng, para pejabat utama Polres Purworejo, serta segenap tamu undangan.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah bagi pemenang utama undian Gebyar Samsat Jateng 2019.

Dari Purworejo sendiri, ada dua wajib pajak yang beruntung mendapatkan hadiah sepeda motor Mio CW dalam undian tersebut.

Keduanya ini, Tusiyah, warga Guyangan, RT.2 RW.2, Loano, wajib pajak kendaraan bernopol AA 3686 JV, dari Samsat Induk Purworejo, dan Somo Haryanto, warga Patalan RT.1 RW.2, Jatimalang, Purwodadi, dari Samsat Pembantu Bagelen. (Jon)