Polisi Ungkap 310 Kg Sabu-sabu yang Dikendalikan Jaringan Internasional

    


Barang bukti 310 kg sabu-sabu diekspose kepada awak media - foto: Bob/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Polres Metro Jakarta Pusat dibantu personel dari Polda Metro Jaya mengungkap upaya penyelundupan sabu-sabu seberat 310 kg. Ketika diungkap, barang bukti diletakkan di piston kendaraan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran mengatakan, ada indikasi kuat jaringan dikendalikan dari Timur Tengah.

“Diduga dari Iran, dikendalikan oleh sindikat narkoba dari Nigeria untuk beroperasi di wilayah Indonesia,” kata Fadil Imran, Rabu, 12 Mei 2021.

Kapolda Metro Jaya menyebutkan, barang bukti yang diamankan sebagai yang terbesar dari pengungkapan sebelumnya.

“Yang perlu digarisbawahi, sumber narkoba di Kampung Ambon disuplai oleh mereka,” tambahnya.

Dari besarnya barang bukti yang diungkap, diperkirakan nilai rupiahnya mencapai Rp 400 miliar dan dapat dikonsumsi oleh 1,2 juta.

Sementara, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, para pelaku terancam hukuman paling rendah 6 tahun dan paling lama 20 tahun atau hukuman mati.

“Jaringan ini masih terus didalami, termasuk dengan jaringan yang lain. Lebih kurang tiga bulan diikuti semua, kita kerjasama dengan Satresnarkoba negara lain. Pengendalinya timur tengah ke Indonesia via laut dari Aceh,” jelas Yusri. (Bob)