Polisi Bongkar Produk Rumahan Tembakau Gorila di Jakarta dan Bandung

    


KORANJURI.COM – Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mengungkap jaringan home industry tembakau sintetis atau sinte Jakarta dan Bandung.

Polisi mengamankan enam orang berinisial P, AEP, GBS, ES, GR dan FR. Mereka ditetapkan sebagai tersangka berikut barang bukti berupa 4 kilogram tembakau sintetis dan 31 liter bahan campuran tembakau sintetis.

“Ada dua home industry jenis tembakau sintetis atau yang biasa disebut tembakau gorila,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat (17/9/2021).

Yusri menambahkan, penangkapan pertama dilakukan terhadap P yang akan mengirimkan 400 gram tembakau sintetis. Dari situ dilakukan pengembangan dan menemukan 4 kilogram tembakau di apartemennya di Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Kemudian dikembangkan lagi dan berhasil mengamankan AEP dengan barang bukti 4,125 gram. Jadi AEP dan P ini kurir,” ujarnya.

Setelah ditelusuri kembali, penyidik kembali mengamankan ES, GR, dan RF serta GBS yang merupakan satu layer di atas para kurir.

“Barang bukti yang diamankan berupa 31 liter untuk bahan campuran tembakau sintetis,” kata Yusri.

Polisi masih mendalami pengungkapan tersebut. Karena salah satu tersangka yang menjadi pengendali merupakan napi yang berada di daerah Jawa Barat.

“Sementara yang kita bongkar ini home industry di Apartemen Galery dan satu lagi pabriknya di Ciampeas, Bandung,” ujarnya.

Sementara, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya Kombel Pol Mukti Juharsa mengimbau itu dijual secara online dengan harga terjangkau.

“Ini harus jadi perhatian serius kepada orangtua,” kata Mukti Juharsa. (Bob)