Operasi Lilin di Jakarta Diperkuat 8.179 Personel

    


Polda Metro Jaya melakukan gelar pasukan dalam operasi Lilin 2021 - foto: Bob/Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Polda Metro Jaya melakukan gelar pasukan melibatkan 1.383 personel dari TNI, Polri, Dishub, Satpol- PP dan Dinas Pemadam Kebakaran DKI. Kegiatan dilakukan sebagai persiapan Pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, Apel Gelar Pasukan Terpusat Lilin 2020 ini dilaksanakan sebagai wujud kesiapan pasukan, baik TNI, Polri dan Stakeholder untuk menghadapi Natal dan Tahun baru.

Fadil menambahkan, operasi Lilin tahun ini sangat berbeda. Operasi tahun ini merupakan Operasi Kemanusiaan yakni, pelayanan-pelayanan guna mengendalikan atau memutus mata rantai Covid-19. Sekaligus melaksanakan Bhakti Sosial guna meringankan masyarakat.

“Semoga Natal dan Tahun baru kali ini berjalan dengan aman, bisa berjalan dengan lancar,dan tentunya kita semua masih dalam suasana Pandemi, Protokol Kesehatan tetap harus dikedepankan,” kata Kapolda, Senin, 21 Desember 2020.

Wakil Gubernur DKI Riza Patria mengatakan, pelaksanaan Hari Natal dan Tahun Baru ini, Pemprov DKI telah mengeluarkan seruan termasuk tidak melaksanakan perayaan Tahun Baru seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Mohon maaf kepada warga Jakarta pada masa Pandemi ini, kami meminta pada warga Jakarta untuk tetap di rumah bersama keluarga. Mudah-mudahan kita semua bisa bersama merayakan Natal tahun ini dengan hikmat penuh kedamaian dan juga merayakan akhir tahun dengan kegembiraan, dengan syarat terbebas dari Covid,” jelasnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menambahkan jumlah pengamanan operasi lilin khusus wilayah DKI Jakarta sebanyak 8.179 personel.

“Tim gabungan terdiri dari Polda 7.054 personel, TNI 600 personel, Pemda 525 personel. Sedangkan jumlah pos pengaman berjumlah 90, di Jakarta ada 61 pos dan luar Jakarta ada 29 pos. Kemudian pos pelayanan berjumlah 30 pos, di Jakarta ada 7 pos dan di wilayah hukum Jakarta lainnya ada 23 pos,” pungkas Yusri. (Bob )