Nilai Kinerja Polres Purworejo Tahun 2022 Capai 97,88

    


Polres Purworejo menggelar Raker Penyusunan LKIP Tahun Anggaran 2022 di Ruang Rupattama Moech Giyarto Polres Purworejo, Rabu (18/01/2023) - foto: Koranjuri.com

KORANJURI.COM – Kinerja Polres Purworejo pada tahun anggaran 2022 mendapatkan nilai 97,88 dengan predikat sangat baik. Bahkan, belum lama ini Polres Purworejo menerima penghargaan sebagai Satker Besar dengan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik di Lingkup Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Purworejo.

Capaian tersebut diharapkan dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan sehingga kepuasan masyarakat terhadap institusi Polri terus bertambah.

Hal itu mengemuka dalam Rapat Kerja Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Tahun Anggaran 2022 yang berlangsung di Ruang Rupattama Moech Giyarto Polres Purworejo. Rapat berlangsung selama 2 hari, Selasa-Rabu (17-18/1), dipimpin oleh Wakapolres Purworejo, Agus Anggoro SE SIK, didampingi Kabag Perencanaan, Kompol Suprihadi SH MH. Kegiatan diikuti para Kabag, Kasat, Kasi, dan Paur.

Kapolres Purworejo AKBP Muhammad Purbaja SH SIK MT, dalam sambutan yang dibacakan oleh Kompol Aldino menyebut bahwa sesuai Inpres nomor 7 tahun 1999 tentang akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, setiap kementerian/lembaga setiap akhir tahun diwajibkan untuk menyusun LKIP , yakni dokumen yang memuat pertanggungjawaban lembaga dalam pelaksanaan kegiatan yang telah dilaksanakan selama 1 tahun.

“LKIP Polres Purworejo Tahun 2022 memuat informasi tentang penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan program dan kegiatan Polres Purworejo Tahun 2022, serta merupakan pertanggungjawaban keberhasilan atau kegagalan pelaksanaan visi dan misi organisasi dalam mencapai tujuan dan pencapaian sasaran yang telah ditetapkan dalam rencana strategis Polres Purworejo tahun 2020 – 2024 dan Renja Polres Purworejo tahun anggaran 2022,” sebutnya.

Atas sejumlah capaian kinerja yang telah diraih, pihaknya berharap dapat dipertahankan. Sementara terhadap kinerja yang belum sesuai target harus dapat ditingkatkan.

“Saya harapkan kepada para Kabag, Kasat, Kasi agar dapat mencapai target kinerja tahun anggaran 2023 sesuai dengan perjanjian kinerja yang telah ditandatangani pada awal tahun anggaran 2023 guna mencapai visi Polres Purworejo yaitu Terwujudnya Purworejo yang Aman dan Tertib,” tegasnya.

Sementara itu, Kompol Suprihadi saat dikonfirmasi usai rapat menjelaskan bahwa ada banyak hal yang dievaluasi dalam rapat kerja. Secara keseluruhan, capaian kinerja pada indikator kerja utama dalam LKIP terbagi atas 5 sasaran strategis. Masing-masing yakni Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di Wilayah Purworejo, Penegakan Hukum secara Berkeadilan, Profesionalisme SDM, Modernisasi Teknologi, serta Sistem Pengawasan yang Akuntabel, Bersih, Terbuka dan Melayani di Polres Purworejo.

“Nilai kinerja anggaran itu masuk sasaran strategis ke-5. Alhamdulillah pada tahun 2022 kita mendapat nilai IKPA 97,88 yang artinya sangat baik. Baik dalam hal penyerapan maupun kualitas pekerjaan,” jelasnya.

“Pada bulan Desember 2022 kita juga menerima penghargaan dari KPPN Purworejo sebagai Satker Besar dengan nilai IKPA terbaik di Lingkup KPPN Purworejo yang meliputi wilayah Kabupaten Purworejo dan Kebumen,” sambungnya.

Selaku koordinator Penyusunan LKIP, Kompol Suprihadi berharap seluruh bagian dan seksi dapat memaksimalkan kinerja pada tahun 2023. Hal sangat penting yakni peningkatan kualitas SDM dan pola bertindak.

“Keduanya ini saling berkaitan. Profesionalitas harus terus ditingkatkan, misalnya melalui pelatihan sesuai bidang, sehingga muarannya nanti dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya. (Jon)

Baca Artikel Lain KORANJURI di GOOGLE NEWS