Kodam IX/Udayana Berangkatkan Satgas Pamtas Papua

    


Satuan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama yang akan bertugas sebagai pengamanan perbatasan di Papua - foto: Istimewa

KORANJURI.COM – Ratusan personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Yonif Raider 900/Satya Bhakti Wirottama, diberangkatkan menuju Papua.

Tugas operasi itu dilepas oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto di dermaga Pelabuhan Benoa, Jumat, 29 Mei 2020.

Dalam pelepasan itu, Pangdam berpesan agar pergeseran pasukan dilakukan secara tertib. Faktor keamanan harus diutamakan selama dalam perjalanan dan saat tiba di pos masing-masing.

“Sampai disana, laksanakan serah terima dengan benar, dan tanyakan apabila ada hal-hal yang belum dimengerti, terutama yang berkaitan dengan tugas pokok,” kata Benny Susianto, Jumat, 29 Mei 2020.

Personel yang diberangkatkan itu akan menjalankan tugas operasi selama 9 bulan. Pangdam meminta prajurit yang bertugas mempelajari karakteristik medan, budaya, adat istiadat serta situasi dan kondisi daerah setempat.

Hal itu, dikatakan Benny, untuk menghindari permasalahan yang bisa saja terjadi selama bertugas. Selain itu, setiap prajurit dapat mengambil tindakan yang tidak bertentangan dengan HAM, adat istiadat dan norma yang berlaku di wilayah tugas operasi.

Pangdam juga menyebutkan, upacara yang digelar itu sebagai bentuk dukungan dari unsur pimpinan kepada prajurit yang akan melaksanakan tugas.

“Harapan kita bersama, berangkat bertugas dengan penuh kebanggaan dan kehormatan, yang pada akhirnya akan lahir tanggungjawab untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” jelas Pangdam Udayana. (Way/*)